Memahami 3 Macam Siklus Hidup Tanaman, Pecinta Tanaman Wajib Tahu
Ilustrasi siklus hidup tanaman (Unsplash/Markus Spiske)

Bagikan:

MAKASSAR - Selain memahami cara merawatnya, pecinta tanaman juga wajib mengerti siklus hidup setiap tumbuhan yang sering dirawat di rumah. Berdasarkan siklus hidupnya, tanaman digolongkan ke dalam 3 kategori, antara lain tanaman tahunan, tanaman perennial, dan tanaman biennial.

Apa perbedaan dari ketiga macam siklus hidup tanaman tersebut? Dilansir Sunday Gardener, Rabu, 5 Januari, berikut penjelasan singkat dan karakternya.

Tanaman tahunan

Tanaman tahunan mempunyai siklus hidup mulai dari berkecambah, tumbuh, mekar, berbiji, dan mati dalam satu tahun. Tanaman ini umumnya hidup dalam masa sekitar dua tahunan, mereka akan berkecambah dan tumbuh dalam waktu satu tahun. Selanjutnya proses mekar, berbiji atau berbuah, dan mati pada tahun berikutnya.

Jika Anda hendak membeli tanaman hias yang baru, maka perlu tahu karakter hidup tanaman tersebut. Dalam satu musim, tumbuhan ini akan berkecambah, satu musim berikutnya tumbuh, kemudian berbunga. Dengan kata lain, saat musim berbunga jenis tanaman ini tidak akan bertahan lama hingga akhirnya mati. Contoh bunga yang bertipe siklus hidup tahunan yaitu marigold. Jenis tanaman lain yang memiliki siklus hidup tahunan antara lain sawi, calendula, semangka, jagung, dan selada.

Tanaman biennial

Siklus hidup tanaman dua tahunan ini sebenarnya cukup singkat, sama seperti tanaman tahunan. Ketika Anda menebar benih biji di taman, mereka akan bertunas terus menerus. Pada tahun kedua dan tahun berikutnya, bibit menjadi bunga. Berarti pembungaan terjadi dua tahun sekali yang berasal dari bibit dua tahun lalu. Bunga yang menebar biji akan tumbuh dan berbunga dua tahun kemudian.

Beberapa tanaman yang diklasifikasikan sebagai tanaman biennial antara lain bayam, worte, kubis, lobak, dan bawang. Bunga poppies dan foxglove juga termasuk tumbuhan siklus dua tahunan atau biennial.

Tanaman perennial

Jenis tanaman ini juga disebut sebagai bunga abadi, atau hidup di atas 2 hingga 15 tahun. Yang merupakan tanaman perennial atau tanaman abadi punya karakter berkayu ataupun bersemak antara lain lavender, sage, rosemary, dan artemisia.

Setelah memahami macam-macam tanaman berdasarkan klasifikasi siklus hidup, tentunya Anda sudah memiliki bayangan untuk memilih yang mana. Yang jelas, siklus hidup tanaman juga dipengaruhi oleh cuaca, cara merawat, dan kondisi lingkungan.

Terkait