Atasi Kemiskinan, Sulawesi Barat Jalankan Program Marasa
Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeny Anwar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dalam upaya mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan warga perdesaan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dengan menjalankan Program Mandiri, Cerdas, dan Sehat atau Marasa.

"Marasa adalah sebuah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perdesaan dengan berlandaskan tiga pilar utama, yaitu pendidikan, kesehatan, dan kemandirian ekonomi masyarakat melalui integrasi, sinkronisasi, dan sinergi program dan kegiatan lintas sektor yang berbasis pada desa," jelas Wakil Gubernur Sulawesi Barat Enny Anggraeny Anwar di Mamuju, Jumat 03 Desember.

"Sasaran yang ingin dicapai adalah menurunnya disparitas pembangunan wilayah antara desa dan kota serta desa dapat keluar dari status ketertinggalan, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menunjang pembangunan dan kesejahteraan di desa," katanya dalam rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD).

Program-program Pemerintah Pusat

Dia menjelaskan bahwa pemerintah provinsi menyelaraskan program penanggulangan kemiskinan di daerah dengan program-program yang dijalankan oleh pemerintah pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan pangan nontunai, Kartu Indonesia Sehat, dan Kartu Indonesia Pintar.

"Berbagai program tersebut jika disinergikan bersama dan merujuk pada data kemiskinan yang valid tentunya akan mempercepat menurunkan kemiskinan," kata Enny.

Dia juga menekankan bahwa upaya penanggulangan kemiskinan harus menjadi gerakan bersama, tidak hanya dikerjakan oleh pemerintah saja.

"Dukungan dan kerja sama ini perlu ditingkatkan dan digerakkan bersama pemerintah, dunia usaha, perbankan, lembaga swadaya masyarakat, dan seluruh masyarakat," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!