Upayakan Pelestarian Budaya, Pemkot Makassar Selenggarakan Festival Gerakan Cinta Budaya 2021
Festival Gerakan Cinta Budaya 2021 yang digalakkan melalui sekolah-sekolah di Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar menyelenggarakan Festival Gerakan Cinta Budaya 2021 dalam rangka mengupayakan pelestarian budaya Makassar.

Kepala Dinas Kebudayaan Makassar Andi Herfida Attas di Makassar, Jumat 19 November, menjelaskan cinta budaya sebagai upaya melestarikan budaya Makassar sejak dini.

"Ini adalah salah satu upaya kita mempertahankan nilai-nilai budaya dengan mengajarkan cinta budaya khususnya kepada anak-anak sebagai penerus bangsa," jelasnya.

Dia menyebutkan, gerakan cinta budaya akan diterapkan dengan pembinaan di sekolah-sekolah sehingga memunculkan kecintaan tersebut. Anak-anak juga akan dididik mengenai nilai-nilai budaya Makassar.

"Bagaimana Dinas Kebudayaan selama ini dengan adanya pembinaan terhadap anak-anak sekolah, sanggar seni sekolah dan nonsekolah. Inilah, kita aplikasikan di dalam gerakan cinta budaya. Jadi kita bisa melihat cintanya anak-anak kita dengan budayanya sendiri," katanya.

Fida, sapaan akrab Herfida mengatakan bahwa pandemi COVID-19 jangan sampai menghambat pergerakan dan pelestarian budaya.

Menurut dia, kegiatan cinta budaya juga disebut dapat membangkitkan kembali pariwisata dan pelaku seni untuk terus berkarya. 

"Dan kita melibatkan seluruh pelaku seni yang ada di kota Makassar sehingga budaya seni semakin bergairah, apalagi selama pandemi ini kita tahu bersama bahwa pelaku seni itu ikut tidur, dengan adanya kegiatan seperti ini sangat bersemangat kita lihat sendiri penonton pun begitu bergairah," terangnya.

Sejumlah siswa tampilkan kemampuan

Dalam kegiatan ini, sejumlah siswa tampil menunjukkan kemampuannya dalam melestarikan budaya, seperti menari kolosal Bugis Makassar, menari adat, penampilan menyanyi hingga penampilan musik tradisional dari gendang dan kecapi.

Usai membuka acara, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Makassar Rusmayani Madjid mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia meminta gerakan cinta budaya terus digalakkan Pemerintah Kota Makassar.

"Ini merupakan salah satu kolaborasi antara Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata karena kegiatan ini juga tentunya bisa mendongkrak kunjungan pariwisata ke Kota Makassar apalagi kalau Dinas Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan yang secara rutin," kata Maya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!