Astra Motor Sulsel Selenggarakan Konser HUT RI di Kapal Pinisi
Perahu pinisi yang merupakan karya budaya asal Sulawesi Selatan yang sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Sebagai wujud kecintaan pada karya budaya dan untuk menyosialisasikan kepada generasi milenial, Astra Motor Sulawesi Selatan siap selenggarakan konser HUT ke-76 RI di kapal tradisional, pinisi.

Manager Marketing Astra Motor Sulsel untuk wilayah Sulawesi Selatan dan Barat, Gangga Nanda Adi di Makassar, Ahad, menjelaskan, Sulsel merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keberagaman budaya salah satunya yaitu kapal pinisi.

Kapal pinisi adalah kapal kayu legendaris yang berasal dari Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang diperkirakan sudah dibuat sejak abad ke-14 atau tahun 1400-an.

Hal yang membuat kapal pinisi unik yaitu pembuatannya yang masih sangat tradisional, dari sisi alat hingga cara pemasangan berbagai komponen kapal.

Sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia

Tak heran, pada 7 Desember 2017, kapal pinisi asal Sulsel resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai penyalur utama sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, hingga Ambon, Astra Motor Sulsel senantiasa memadukan unsur budaya lokal dalam berbagai kegiatan yang dilakukan.

"Jadi konser ini merupakan persembahan spesial Astra Motor untuk memberikan hiburan kepada pecinta sepeda motor Honda, sekaligus memperkenalkan dengan karya budaya untuk mencintai negeri," katanya.

Adapun konser yang bertajuk "PCX Sound from The Pinisi" ini akan memadukan kemegahan kapal pinisi dan unsur mewah yang disematkan pada sepeda motor New Honda PCX160 pada 17 Agustus 2021 pukul 19.30 Wita secara live virtual di Instagram dan Facebook HondaJagoanku.

Konser di atas kapal pinisi untuk pertama kalinya digelar oleh Honda dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gelaran konser virtual PCX Sound From The Corner akan dipandu oleh komedian Tuming Abu, serta dimeriahkan dengan penampilan bintang tamu spesial Ruang Baca, Musisi Jenaka, dan kolaborasi musisi Fian Rynaldy bersama Ismy Amaliah.

"Kami memadukan unsur budaya Sulsel, yaitu kapal pinisi yang kami kemas secara menarik dan digelar secara virtual untuk mencegah penyebaran virus COVID-19," kata Gangga.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!