Sambut HMPI, HPHA Sulsel Kumpulkan Donasi Bibit Mangrove
Ilustrasi hutan mangrove di Desa Nelayan di Kabupaten Sinjai yang dikembangkan untuk menjaga lingkungan dan abrasi pantai, Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Untuk menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), sebanyak 12 organisasi pecinta lingkungan yang tergabung dalam Harapan Pelestari Hutan Andalan Sulawesi Selatan (HPHA Sulsel) mengumpulkan donasi bibit mangrove.

"Saat ini sudah terkumpul 1.520 bibit mangrove dan kami masih terbuka untuk donasi mangrove," jelas penggiat pelestarian mangrove Sulsel Nur Akbar Alam di Makassar, Rabu 03 November.

Donasi untuk adopsi mangrove ini dapat diberikan dalam bentuk bibit mangrove ataupun donasi dalam bentuk uang dalam rangka membantu melestarikan bumi dan lingkungan.

Perbaikan lingkungan dengan tanam mangrove

Menurut dia, perubahan iklim yang memicu terjadinya cuaca ekstrem, harus disikapi dengan perbaikan lingkungan, salah satunya adalah dengan menanam mangrove.

"Selain dapat mengelimisinasi terjadinya abrasi, juga dapat membantu menghijaukan pesisir pantai dan menjadi paru-paru kota," katanya.

Untuk penanaman mangrove dalam rangka HMPI dan Bulan Menanam Pohon pada November ini, jelas dia, dijadwalkan pada 28 November 2021 di Desa Nelayan Untia, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.

Adapun tema kegiatan tersebut "Restorasi Mangrove Jalan Menuju Pemulihan dan Kesejahteraan".

Aksi penanaman pohon mangrove yang akan diselenggarakan pekan ketiga November 2021, selain menghadirkan pemerintah dan penggiat lingkungan, juga mengundang masyarakat setempat.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!