Rudenim Makassar Pindahkan Sebanyak 27 WNA Pencari Suaka dari Makassar ke Jakarta
Petugas Rudenim Makassar melakukan pengawalan saat berada di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Sebanyak 27 orang warga negara asing (WNA) pencari suaka politik dipindahkan Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar dari Makassar ke Jakarta.

Kepala Rudenim Makassar Alimuddin di Makassar, Kamis 04 November, menjelaskan bahwa pemindahan terhadap pengungsi luar negeri itu dilakukan setelah Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham menyepakati langkah tersebut.

"Sebelumnya, ada permohonan untuk pemindahan. Setelah dapat persetujuan dari Ditjen Imigrasi, mereka diterbangkan ke Jakarta menunggu proses lebih lanjut," ujarnya.

Disebutkan pula bahwa permohonan pemindahan 27 pengungsi luar negeri itu dilaksanakan sejak Juni 2021. Namun, tertunda karena pandemi COVID-19, termasuk pemberlakuan PPKM Level IV.

"Pemindahan terhambat, selain karena level PPKM ibu kota yang masih tinggi saat itu, mereka harus vaksin terlebih dahulu sampai dosis kedua," katanya.

Alimuddin mengatakan pencari suaka terdiri dari tujuh pengungsi asal Palestina, enam asal Myanmar dan Afganistan, lima asal Srilangka, serta tiga asal Somalia.

"Pemindahan bertujuan untuk memudahkan proses resettlement (pemindahan ke negara ketiga) karena beberapa tahapan seperti pemeriksaan kesehatan dan wawancara dengan negara penerima di Jakarta," tuturnya.

Pengawalan oleh petugas

Ia mengatakan bahwa pemindahan mereka ke Jakarta dilakukan dengan pengawalan petugas Rudenim Makassar dan seorang petugas dari Rudenim Jakarta.

Mereka menggunakan penerbangan dengan pesawat Garuda Airlines GA 0641 pukul 12.15 Wita menuju Jakarta. Setiba di Jakarta, petugas mengawal pengungsi ke Kantor Rudenim Jakarta untuk serah terima.

Selanjutnya, mereka dikawal petugas menuju tempat penampungan yang berada di bawah pengawasan Rudenim Jakarta.

Selain itu, Alimuddin menyebutkan sejak Januari 2021 Rudenim Makassar telah memindahkan 83 pengungsi. Hingga saat ini tercatat jumlah pengungsi yang menghuni 20 tempat penampungan di Kota Makassar ada sebanyak 1.597 orang.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!