Sudah Tahu? Inilah Waktu yang Tepat untuk Bercinta Pasca Melahirkan
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

MAKASSAR - Melahirkan merupakan salah satu momen bahagia yang ditunggu-tunggu oleh setiap wanita. Ketika sudah melahirkan, kebahagiaan pasti menghampiri. Meski demikian, tidak dapat dipungkiri juga bahwa setelah melahirkan akan membuat wanita merasa kelelahan.

Setelah melahirkan, para istri biasanya memerlukan banyak istirahat sembari fokus mengurus anak. Dengan begitu, biasa suami pun luput dari perhatiannya. Hal yang kurang terpenuhi ketika istri melahirkan adalah melampiaskan hasrat biologis dengan berhubungan suami istri.

Waktu yang Tepat untuk Berhubungan Seks Kembali

Baik persalinan pervaginam atau pun operasi caesar, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih. Secara umum, tidak ada periode 'tanpa seks' yang pasti, meskipun beberapa ahli menyarankan untuk menunggu setidaknya empat hingga enam minggu setelah melahirkan. 

Dalam kasus persalinan pervaginam, waktu empat hingga enam minggu memungkinkan serviks menutup dan luka episiotomi atau robekan sembuh. Sementara dalam kasus operasi caesar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang kapan seks aman setelah operasi. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter ketika jalani pemeriksaan bayi enam minggu setelah lahir.

Setelah semua penjelasan dokter terasa jelas, penting untuk menunggu sampai istri dan suami merasa nyaman. Jika istri atau suami belum siap, sebaiknya komunikasikan dengan pasangan untuk mencari jalan keluar dan menjalin koneksi kembali.   

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!