6 Manfaat Minum Air Panas untuk Kesehatan Kulit, Otot, dan Sendi
Ilustrasi Minum Air Panas (Daria Shetsova/Pexels)

Bagikan:

MAKASSAR - Rutin minum air putih sudah terbukti dapat menjaga kesehatan kulit, otot, serta sendi. Air berperan mempercepat sel tubuh dalam menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Manfaat lainnya bisa Anda rasakan jika meminum air putih panas beberapa gelas setiap hari.

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut ragam manfaat yang bisa Anda rasakan jika rutin minum air putih panas:

Melancarkan sistem pencernaan

Jika asupan cairan dalam tubuh berkurang, kemungkinan besar seseorang akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi kronis dapat menyebabkan sembelit yang bisa memicu hadirnya penyakit berbahaya lain.

Sebagian orang percaya bahwa minum air panas sangat efektif untuk mengaktifkan sistem pencernaan dibandingkan air dingin atau air hangat. Sebab air hangat mampu mengurangi risiko sembelit dengan mendukung pergerakan usus secara teratur.

Meningkatkan sirkulasi darah

Minum air panas juga memiliki manfaat serupa dengan mandi air hangat yaitu membantu memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Baik minum air panas maupun mandi air hangat di malam hari dapat membantu tubuh rileks sehingga tidur pun jadi lebih nyenyak.

Membantu sistem detoksifikasi tubuh

Studi pada 2020 menemukan bahwa minum lebih banyak air panas dapat membantu melindungi ginjal serta mengencerkan limbah dalam darah. Menurut Arthritis Foundation, minum air panas juga bermanfaat dalam melawan peradangan, menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Beberapa bukti menunjukkan bahwa air dingin paling baik untuk menghidrasi. Namun, minum air pada suhu berapa pun akan membantu tubuh tetap terhidrasi.

Menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa minum air putih erat kaitannya dengan penurunan berat badan. Itu karena air mampu meningkatkan rasa kenyang dan membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik.

Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Jika tubuh tidak mendapatkan cukup air baik itu panas atau dingin, akan berdampak negatif pada fungsi sistem saraf yang pada akhirnya memengaruhi suasana hati dan fungsi otak.

Jika Anda ingin memulai minum air panas, jangan lupa cek suhu air terlebih dahulu. Laman Healthline mencatat, saat meminum minuman panas, penelitian merekomendasikan suhu optimal antara 54 hingga 71 derajat celsius. Di atas itu, dapat menyebabkan luka bakar dan merusak jaringan di kerongkongan.

Artikel ini pernah ditayangkan sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!