Mau Hemat Belanja Baju Baru di Marketplace? Begini Caranya
Ilustrasi (Sumber: Unsplash)

Bagikan:

Makassar—Belanja baju baru di hari Lebaran sudah menjadi tradisi setiap Idulfitri. Dengan bantuan teknologi digital, kamu bisa membeli baju baru di toko online di marketplace.

Bagi pelapak, momen Idulfitri menjadi kesempatan untuk meraih banyak pembeli. Mereka akan menawarkan baju dengan harga-harga miring.

Tetapi, kamu juga perlu berhemat untuk menekan pemborosan supaya mencukupi kebutuhan sehari-hari ke depannya.

Di samping itu, kamu tetap menaruh kewaspadaan atas aksi-aksi kejahatan. Lebaran yang menarik antusias banyak orang bisa dijadikan kesempatan orang-orang tidak bertanggung jawab melancarkan penipuan.

Meski berbelanja di marketplace resmi, kamu jangan merasa bahwa hal itu sudah cukup. Butuh kejelian supaya keuangan kamu tetap aman selama Lebaran.

Bagaimana caranya? Berikut ini 5 tips berbelanja baju baru Lebaran di toko online saat Lebaran.

Membeli di toko terpercaya

Tips aman untuk membeli baju baru Lebaran adalah memastikan belanja di toko terpercaya atau langganan. Kamu bisa mengeceknya dengan melihat rating toko dan membaca review dari pelanggan.

Lalu, kamu sebaiknya berbelanja dengan toko yang mampu memberikan jawaban cepat. Bagaimana ketersediaan produk, ukuran baju dan pengiriman harus dijelaskan supaya kamu merasa yakin untuk membeli.

Di sini, kamu memang harus teliti dan meluangkan waktu lama untuk memastikan kamu tidak salah membeli baju baru Lebaran.

Hal ini demi kebaikan kamu, jangan sampai kamu menjadi kecewa karena barang datang tidak sesuai pesanan atau baju baru datang terlalu lama sehingga kamu tidak sempat mengenakannya saat Lebaran.

Membandingkan harga

Untuk kamu yang ingin berhemat, membandingkan harga menjadi fokus utama saat membeli baju baru Lebaran. Kamu harus rajin berkunjung ke banyak toko untuk mendapatkan rentang harga yang kompetitif.

Manfaatkan program diskon. Selain itu, ingatlah kembali bahwa prioritas kamu saat ini adalah harga. Walaupun baju baru Lebaran terlihat sederhana, selama harganya sesuai dengan budget, hal itu sudah memuaskan.

Menghabiskan banyak uang hanya untuk berbelanja baju baru tentu akan mempengaruhi pos pengeluaran kamu selama Lebaran berantakan.

Membeli dengan COD

Membeli dengan COD adalah cara terbaik untuk mengamankan transaksi belanja. Carilah toko online yang menyediakan fitur COD.

COD berarti kamu membayar saat bertemu dengan pembeli di tempat yang disetujui. Hal ini dapat membuat transaksi belanja menjadi aman dari modus penipuan yang menyasar pengguna di ruang digital.

Alokasikan uang secukupnya

Hal yang sering membuat orang kalap berbelanja adalah tidak melakukan perencanaan. Apalagi saat mendapatkan THR, rasanya ingin membeli lebih banyak sehingga lupa untuk menyisihkan pendapatan untuk membiayai kebutuhan utama sehari-hari.

Laman marketplace shopback menganjurkan untuk menggunakan 50 persen THR untuk keperluan selama hari raya Lebaran. Selebihnya dibuat untuk kebutuhan rutin seperti membayar listrik, membayar kontrakan rumah, membayar cicilan dan sebagainya.

Cek pakaian lama

Tips berikutnya untuk belanja baju baru saat Lebaran adalah memeriksa pakaian di lemari kamu. Lihat model pakaian yang selama ini kamu miliki, barangkali ada yang baju yang ternyata belum pernah kamu pakai atau kamu baru sadar pernah membelinya.

Tujuan dari mengecek baju di lemari supaya menghindari kamu untuk membeli baju baru Lebaran dengan model, warna dan motif yang sama.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!