Kumpulan Cerpen Terbaru Eko Triono, Berapa Harga Nyawa Hari Ini? Terbit Bulan Ini
Eko Triono saat menjadi pemateri dalam seminar. Foto: Facebook.com

Bagikan:

MAKASSAR - Eko Triono merupakan penulis yang namanya sudah tak asing lagi di dunia sastra Indonesia. Karya-karyanya kerap dijumpai dalam rubrik-rubrik sastra pada sebuah surat kabar, majalah, maupun media online. Jika Anda berkunjung ke toko buku, karya-karyanya pun akan mudah Anda temui.

Karya Eko terakhir kali terbit sebelum pandemi covid-19 masuk ke Indonesia, yakni pada tahun 2019. Kabar baiknya Eko Triono akan menerbitkan buku kumpulan cerpen terbarunya yang berjudul Berapa Harga Nyawa Hari Ini? pada bulan April 2022 oleh Penerbit Shira Media, Yogyakarta. Dalam buku kumpulan cerpen ini memuat 23 judul cerita yang ditulis dalam rentang tahun 2019‒2021. Cerpen-cerpennya berkisah mengenai banyak hal dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, mulai dari cerita personal hingga persoalan isu sosial, ekonomi, pendidikan, politik, dan kesehatan.

Beberapa cerita dalam kumpulan cerpen ini ditulis dengan guyon satire khas Eko Triono yang bagi pembacanya merupakan hal yang tak asing lagi dan kerap dijumpai dalam karya-karyanya. Hal ini juga membuat cerpen-cerpennya selalu menarik untuk dibaca. Selain itu, Eko Triono juga sering membuat cerita-cerita dengan gaya eksperimental yang semakin membuat penasaran. Namun, judul yang diangkat dalam kumpulan cerita terbarunya ini lebih condong ke masalah kesehatan, tepatnya pada situasi pandemi yang masih mengintai kita semua.

Inspirasi cerpen-cerpen Eko Triono

Ketika ditanya dari mana inspirasi cerpen-cerpennya, Eko Triono mengungkapkan, “Untuk buku terbaru saya ini judulnya Berapa Harga Nyawa Hari Ini? sebenarnya terinspirasi dari keseharian manusia, keseharian kita. Sering kali bertanya berapa harga sembako hari ini? Berapa harga bahan makanan hari ini? Berapa harga hal-hal tertentu hari ini? Sebetulnya semua pertanyaan itu adalah tentang bagaimana manusia bertahan hidup untuk menyambung dalam tanda petik nyawa mereka. Buku ini berisi cerita-cerita sebagaimana sering kali kita bercerita ke orang lain, ada kalanya ceritanya pendek, kadang kala ceritanya panjang, kadang kala persoalan personal, kadang persoalan sosial, ekonomi, politik yang semuanya sebetulnya bagaimana cara saya berbagi cerita dengan pembaca,” tuturnya.

Dalam promo buku terbarunya, Eko Triono juga akan membuka kelas menulis cerpen gratis secara daring khusus bagi pembeli buku kumpulan cerpen terbarunya Berapa Harga Nyawa Hari Ini? yang melakukan transaksi selama masa preorder. Masa preorder buku ini dibuka mulai tanggal 4 April hingga 30 April 2022. Untuk informasi selengkapnya dapat Anda lihat di akun Instagram penerbit Shira Media.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.