Pohon Belimbing juga Menjadi Perantara Yati Surachman mantap Pindah Agama Selain Pohon Natal
Yati Surachman (Foto: Ig @yatiesurachmanreal)

Bagikan:

MAKASSAR - Perjalanan spiritual Yati Surachman mengundang simpati publik. Terlahir dari keluarga muslim, Yati mantap memeluk Kristen saat dirinya baru berusia 12 tahun. Secara diam-diam, Yati pun mempelajari ajaran umat kristiani.

"Saya melihat pohon natal, ada orang Nasrani saya meilhat pohon natal seperti takjub. Dengan kesedihan hati, karena saya anak pertama selalu yang diberi tanggung jawab itu saya. Saat saya melihat pohon natal rasanya senang hatiku," ujar Yadi dalam kanal YouTube The Miracle of Life.

Yati menceritakan rasa sedih yang menderanya ketika masih kecil. Dia menjadi anak pertama yang harus bertanggung jawab terhadap segala hal. 

"Di rumah ada pohon belimbing yang jadi sumber sengketa. Karena itu pohonnya berbunga tapi tidak pernah berbuah. Bunganya rontok terus, jadi nyampah. Kalau adik saya tidak membersihkan, saya yang kena marah," ujar Yati. 

Peristiwa pohon belimbing

Namun, peristiwa lainnya dialami setelah pohon belimbing itu diberi lampu layaknya pohon Natal. Seperti terbekati, lanjut Yati, pohon itu berbuah terus menerus.

"Nggak tahu kenapa rasanya nyaman sekali melihat pohon Natal. Itu pohon belimbing padahal cuma dikasih lampu kok tiba-tiba berbuah," kenangnya. 

Yati Surachman selanjutnya memantapkan hatinya berpindah agama dan meminta untuk dibaptis. Namun Yati nekat berpindah agama tanpa memberitahu kedua orang tua dan pihak keluarga lainnya.

"Selama (itu) saya belum berani menyatakan bahwa saya Kristen," ungkap Yati Surachman. Sampai selesai sekolah dan berkecimpung di film, Yati memilih diam-diam memeluk agama Kristen untuk menghindari konflik di keluarga. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link tersebut untuk update info terbaru.