Jelang Akhir Tahun, Penjualan Tanaman Hias Meningkat di Makassar
Calon pembeli melihat-lihat tanaman hias di pusat penjualan dan budi daya tanaman hias di Kelurahan Maccini Sombala, Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Penjualan tanaman hias, khususnya tanaman jenis cemara dan suplir meningkat jelang sebulan akhir tahun 2021 di Makasar, Sulawesi Selatan.

"Jenis tanaman yang banyak diminati itu berupa cemara, suplir dan bonsai yang harganya ratusan ribu hingga jutaan rupiah," jelas salah seorang pedagang tanaman hias, Bahar di pusat penjualan dan budidaya tanaman hias di Kelurahan Maccini Sombala, Kecamatan Mariso, Makassar, Minggu 21 November.

Dia menjelaskan, peningkatan pembelian tanaman hias ini terjadi mulai jelang akhir November 2021 dan diperkirakan puncaknya saat menjelang Natal dan Tahun Baru.

Menurut dia, pembeli tanaman atau pohon natal atau tanaman cemara dengan aneka jenisnya sangat diminati jelang perayaan keagamaan itu.

"Untuk tanaman yang kecil dijual Rp100 ribu hingga Rp500 ribu, sedang yang besar dapat mencapai jutaan rupiah, tergantung kondisi tanamannnya," katanya.

Pembeli meningkat dua kali lipat

Hal senada dikemukakan pedagang tanaman hias lainnya di lokasi yang sama, Muliati.

Menurut dia, rata-rata pembeli tanaman hias meningkat dua kali lipat dari kondisi bulan lalu.

Kondisi tersebut, diperkirakan masih akan meningkat lagi jelang Natal dan Tahun Baru, karena itu untuk mengantisipasi tingginya permintaan, maka jauh-jauh hari sebelumnya sudah menyiapkan stok tanaman yang banyak dinikmati pengujung.

Hal itu dibenarkan salah seorang pengunjung, Andini. Dia mengungkapkan, pohon Natal yang ril (nyata) sangat diimpikan keluarganya, karena akan mengundang suasana yang lebih indah dibandingkan tanaman cemara plastik.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!