Mau Bakar Lemak Tubuh Lebih Cepat? Coba dengan HIIT, Olahraga Kekinian yang Sedang Populer
Ilustrasi Olahrga HIIT (Pixabay/Pexels)

Bagikan:

Makassar--Salah satu jenis olahraga baru yang saat ini populer di kalangan kaum urban bahkan banyak selebritas yang juga menerapkannya adalah High Intensity Interval Training atau yang lebih dikenal dengan HIIT.

Jika dibanding dengan banyak latihan kardio lainnya, HIIT dapat menjadi cara efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan secara signifikan, itulah yang menjadikan HIIT sebagai olahraga favorit banyak orang. Berikut ulasan mengenai manfaat dari HIIT bagi tubuh Anda.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Menjalankan olahraga HIIT setidaknya tiga kali seminggu secara teratur, akan mampu menjaga metabolisme tubuh Anda tetap terjaga. Triknya adalah terus-menerus menantang tubuhmu dengan meningkatkan intensitas latihan secara keseluruhan.

Membangun otot

Biasanya olahraga HIIT melibatkan banyak gerakan yang berbeda, yang berpotensi melatih kelompok otot yang berbeda selama latihan yang sama. Variasi gerakan HIIT seperti squat, push-up, dan burpee menargetkan otot yang berbeda dan meningkatkan kekuatannya.

Membakar lebih banyak kalori

Pada dasarnya, HIIT adalah latihan interval intensitas tinggi dalam durasi singkat dan istirahat yang lebih pendek. HIIT melibatkan serangkaian latihan kardio dengan upaya maksimal yang berdurasi 30 hingga 60 detik per gerakan. Selain itu, sesi istirahat HIIT lebih pendek yaitu 10-15 detik sebelum melakukan gerakan berikutnya.

Pilihan gerakan untuk olahraga HIIT sama seperti kardio, antara lain bersepeda, jumping jacks, burpee, squat, lari, lompat tali, naik tangga, plank-to-knee tap, cross jack, dan masih banyak lagi. Olahraga HIIT bersifat singkat dan intens, tetapi kalori dalam tubuh Anda akan terbakar sangat banyak karena gerakannya yang cepat dan berulang.