Berikut 6 Jenis Lemak Tubuh yang Harus Disingkirkan, Begini Caranya
Ilustrasi lemak pada tubuh (Pexels/Andres Ayrton)

Bagikan:

Makassar—Penumpukan lemak pada tubuh disebabkan dua faktor, pola makan buruk dan olahraga yang kurang. Meski hanya dua, tetapi hal tersebut menentukan tingkat kesehatan seseorang. Jika Anda mengabaikan salah satunya, maka kesehatan semakin rentan.

Untuk menentukan program meluruhkan, baiknya Anda mengenali jenis lemak yang menumpuk di 6 bagian tubuh di bawah ini.

Lemak tubuh bagian atas

Lemak menumpuk pada tubuh bagian atas, pada dasarnya terjadi karena porsi makan berlebih bersamaan dengan tubuh kurang gerak. Misalnya, Anda banyak menghabiskan waktu bekerja di atas meja kerja sambil snacking camilan kurang bernutrisi lebih banyak kalori.

Di samping itu, bergerak adalah kebutuhkan penting untuk meluruhkan tumpukan lemak serta membentuk massa otot. Bergerak misalnya dengan rutin berolahraga atau jalan kaki.

Solusi untuk mengatasi lemak menumpuk pada tubuh bagian atas ialah dengan mengatur porsi makanan yang dikonsumsi serta harus berolahraga untuk membakar kalori. Apabila keduanya seimbang atau lebih intens berolahraga maka lemak dapat luruh.

Lemak di perut bagian bawah

Lemak menumpuk pada perut bagian bawah terjadi karena kecemasan, stres, maupun depresi. Ketiga kondisi tersebut menghasilkan hormon kortisol. Saat tubuh merangsang produksi kortisol, perut bagian bawah akan menyimpan kelebihan lemak.

Langkah pertama untuk menyeimbangkan kembali produksi hormon kortisol adalah tidur teratur. Jalani pola hidup yang sehat, makan makanan bernutrisi, dan jangan melewatkan olahraga.

Untuk mengatasi tekanan yang bisa memicu kecemasan dan stres, Anda dapat latihan pernapasan agar lebih menenangkan. Imbangi dengan konsumsi makanan yang menurunkan kortisol seperti teh hijau, teh chamomile, ubi jalar, biji bunga matahari, dan bawang putih.

Lemak di paha dan bokong

Pada dasarnya, jika kalori yang dimakan tidak diolah menjadi energi akan menumpuk termasuk di paha dan bokong. Maka, kurangi jumlah kalori dan perbaiki sistem metabolisme tetap imbang sehingga kalori dimanfaatkan maksimal oleh tubuh.

Selain itu, disarankan melatih otot bagian paha dan bokong agar tumpukan lemak luruh serta lebih kencang.

Lemak buncit di perut

Berbeda dengan penyebab lemak menumpuk di perut bagian bawah, lemak yang menyebabkan perut buncit adalah kurang tidur, kurang olahraga, asupan karbohidrat berlebih dan makanan olahan serta konsumsi alkohol.

Cara mengatasinya mudah dipahami tetapi perlu dibiasakan untuk pola hidup berkesinambungan, yaitu dengan menghilangkan kebiasaan buruk, mulai dari pola makan, pola tidur, ganti minuman beralkohol dengan air mineral, dan olahraga teratur.

Lemak menumpuk di tubuh bagian bawah

Lemak pada kaki biasanya dialami oleh orang yang cukup sering bepergian dengan bus, kereta api, dan pesawat. Ketika duduk dalam waktu lama dan tidak memiliki tempat yang luas untuk selonjor maka bagian bawah tubuh atau kaki akan membengkak.

Ini disebabkan retensi air. Solusinya kurangi konsumsi makanan asin yang bertanggung jawah untuk retensi air pada tubuh. Lebih banyak minum air putih dan kurangi duduk terus-menerus lebih dari 30 menit. Artinya, beri jeda setiap setengah jam sekali untuk berjalan kaki atau menggerakkan kaki.

Lemak di perut bagian atas

Masih jenis lemak di seputar perut, yang terakhir ini menumuk di bagian atas perut. Penyebab utamanya adalah tubuh kurang aktif. Satu-satunya cara adalah membuat tubuh Anda bergerak dinamis serta menjaga pola hidup sehat.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!