Cara menjadikan Rutinitas Mandi Anda Lebih Rileks, Berikut Langkahnya
Ilustrasi (Art House Studio/Pexels)

Bagikan:

Makassar--Pandemi COVID-19 bagi sebagian orang telah membawa perubahan drastis bagi jadwal, kebiasaan, dan aktivitas mereka, juga termasuk cara mereka mandi. Ada beberapa orang yang sejak lebih sering di rumah saja malah mandi jauh lebih sedikit tanpa adanya tekanan sosial, sementara yang lainnya malah mandi lebih sering karena akhirnya punya waktu atau ingin mengoptimalkan manfaat kesehatan mental yang didapat dengan mandi.

Di tengah situasi yang penuh tekanan dan ketidakpastian, mandi memang bukan lagi sekadar aktivitas yang memberikan manfaat bagi kesehatan, tapi juga jadi rutinitas self-care yang mampu menenangkan diri, terutama ketika Anda benar-benar meluangkan waktu dan melakukan cara-cara berbeda yang menjadikannya spesial.

Berikut cara untuk menjadikan rutinitas mandi Anda menjadi lebih rileks.

Gunakan pelembap

Setelah mandi, gunakan losion pelembap dengan aroma favorit Anda. Tak hanya mengatasi kulit kering, losion pelembap tubuh juga dapat menjadi rutinitas perawatan tubuh yang membantu membuat Anda rileks dan mengembalikan mood karena Anda menyediakan waktu untuk merawat diri sendiri setelah penat menjalani aktivitas dan kewajiban sepanjang hari. 

Mengganti pencahayaan

Pencahayaan yang berwarna hangat, terutama di malam hari, akan meningkatkan relaksasi dan membantu pikiran untuk lebih tenang. Baik Anda sedang mandi sebelum tidur atau hanya butuh mandi di pagi hari agar tubuh dan pikiran segar, nyalakan lampu yang memancarkan cahaya temaram dan lembut. Coba mengganti pencahayaan di kamar mandi akan membuat suasana mandi lebih menenangkan.

Ganti tirai kamar mandi

Tirai kamar mandi biasanya dimanfaatkan untuk menutup area mandi seperti pancuran air atau bath tub. Tirai ini difungsikan agar air yang digunakan untuk mandi tidak membasahi lantai di luar area tersebut. Tak hanya fungsional, tirai kamar mandi juga bisa menjadi aksen dekorasi yang meningkatkan nuansa mood Anda. Pilih motif atau warna favorit yang memberikan efek menenangkan dan membuat suasana mandi jadi lebih nyaman.

Nyalakan lilin aromaterapi 

Lilin yang cantik dan wangi adalah kemewahan sejati. Dalam pengaturan kamar mandi, lilin aromatherapy tidak hanya memunculkan aroma yang menjadikan Anda merasa lebih rileks, tetapi juga memberikan suasana cahaya yang berbeda. Pilih wangi yang mampu menurunkan tingkat stres, seperti aroma bunga Lavender yang dapat meredakan syaraf-syaraf yang tegang, mengatasi perasaan tertekan, bingung, cemas, kelelahan, dan lainnya. Aroma Lavender sangat cocok bagi Anda yang telah mengalami kelelahan setelah seharian beraktivitas. Sedangkan aroma Bergamot yang berasal dari kulit buah jeruk akan meringankan ketegangan pada syaraf, membuat tubuh lebih rileks, serta membantu untuk menjernihkan pikiran.