Kabar Duka, Mbah Ponco Aktris Film Ziarah Tutup Buku dalam Usia 105 Tahun
Mbah Ponco (Foto: IG @bewe_bw)

Bagikan:

MAKASSAR - Ponco Sutiyem atau yang populer dengan sapaan Mbah Ponco, pemeran film Ziarah, wafat dalam usia 105 tahun. Sutradara film Ziarah, B.W. Purba Negara tak dapat membendung rasa duka. Dia mengabarkan kepergian Mbah Ponco melalui foto hitam putih dan ungkapan kesedihan.

"Sugeng tindak Mbah @poncosutiyem . Mugi pinaringan kaswargan jati. Kami semua berdukacita. Terimakasih atas mahakarya akting untuk menghidupkan @filmziarah, karya yg akan selalu kami kenang," tulisnya Rabu, 5 Januari.

Dalam unggahan lainnya, Purba Negara mengunggah foto makam Mbah Ponco dengan payung dan bunga di atas pusara. "Sugeng tindak Mbah Ponco Sutiyem," tulis sutradara yang biasa dipanggil BW ini.

Sinopsis film

Film Ziarah berkisah tentang Mbah Sri (Ponco Sutiyem) bersama cucu laki-lakinya, yang sedang mencari Prawiro Sahid, suami Mbah Sri. Prawiro sendiri sebelumnya pamit pada Mbah Sri untuk ikut perang saat Agresi Militer Belanda kedua, dan meninggal di medan perang.

Setelahnya Mbah Sri mencari makam suaminya sampai pelosok-pelosok DIY dan Klaten, Jawa Tengah. Tujuan Mbah Sri, agar kelak dia dapat dimakamkan di sebelah makam suaminya. "Makamnya didatangi di Ngawen 1 tempat, Gunung Wijil 3 tempat, Bayat 1 tempat, Klaten 1 tempat," paparnya.

Cara Mbah Sri mencari makam Prawiro menggunakan sejumlah cara, salah satuynya dengan menggunakan cara mistik menggunakan keris, untuk menunjukkan arah ke mana dia harus berjalan. Selain itu, Mbah Sri juga menanyakan para veteran satu zaman, di mana tempat Prawiro dimakamkan.

Setiap kali mencari makam Prawiro, Mbah Sri selalu membawa bunga. Bunga itu bakal ditaburkan, jika makam suaminya ketemu. Tapi jika belum ditemukan bunga itu, dia bawa pulang.

Meskipun debut akting di film Ziarah saat sudah lansia, namun Mbah Ponco berhasil masuk dalam nominasi ajang festival film ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017.