Perjalanan Karier Aktris Senior Mieke Wijaya, Lebih dari 20 Judul Film Diperankan: Tiga Dara hingga Losmen
Mieke Wijaya (Instagram @miekewijaya.z)

Bagikan:

MAKASSAR - Aktris senior Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa, 3 Mei pukul 19.30 WIB waktu setempat. Kabar ini dibagikan pihak keluarga melalui pesan singkat sejak kemarin malam.

“Innalillahi wainailaihi rojiuun. Telah berpulang ke Rahmatullah dengan tenang, mama/oma/uyut kami tercinta, Hj. Mieke Widjadja binti De Ryder, di usia 82 tahun,” begitu pesan yang beredar.

“Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekhilafan Almarhumah semasa hidupnya. Semoga Almarhumah Husnul Khatimah,” jelasnya.

Ibunda Nia Zulkarnaen itu disemayamkan di rumah duka daerah Ampera, Jakarta Selatan. Sementara pemakaman  dilakukan di TPU Tanah Kusir.

Biografi singkat Mieke Wijaya

Lahir pada 17 Maret 1940, Mieke Wijaya adalah seorang aktris yang memulai karier sejak usia belia. Lebih dari 20 judul film sudah ia perankan semasa hidupnya.

Mieke Wijaya melakukan debut dengan film Gagal pada tahun 1955, namun namanya mulai dikenal ketika membintangi Tiga Dara di tahun 1965.

Selain itu, Mieke juga dikenal saat menikah dengan aktor Dicky Zulkarnaen. Mereka dikaruniai empat orang anak, salah satunya aktris Nia Zulkarnaen yang kini juga menjadi seorang produser.

Kariernya yang panjang pernah mengantarkan Mieke Wijaya memenangkan tiga penghargaan Festival Film Indonesia, yakni untuk Gadis Kerudung Putih, Ranjang Pengantin, dan Kembang Semusim.

Namanya semakin populer setelah membintangi sinetron Losmen di tahun 1987. Ia berperan sebagai Bu Broto dalam sinetron tersebut.

Mieke Wijaya meninggal dunia pada 3 Mei dalam usia 82 tahun.