Bisnis Kaesang Pangarep yang Menggurita di Mana-Mana: Mulai Kuliner, Sepak Bola, sampai Investor di Perusahaan Udang
Anak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep. (Foto: Instagram @kaesangp)

Bagikan:

MAKASSAR - Dalam mengembangkan bisnisnya, anak bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep memang terlihat agresif. "Kaki" bisnis Kaesang menggurita dan menapak di mana-mana, mulai dari bisnis kuliner, sepak bola dan terbaru menjadi investor di perusahaan pengolah makanan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP).

Investasi Kaesang Pangarep di PMMP dijalankan melalui perusahaan yang dimilikinya, PT Harapan Bangsa Kita atau GK Hebat. Kaesang resmi berinvestasi di PMMP dengan memborong 188,24 juta saham, atau setara 8 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Panca Mitra Multiperdana.

Ratusan juta saham PMMP itu diborong PT Harapan Bangsa Kita dari tangan pengendali PT Panca Mitra Multiperdana Tbk, yakni PT Tiga Makin Jaya. Dengan harga transaksi di Rp490 per saham, PT Harapan Bangsa Kita mengeluarkan dana investasi sekitar Rp 2,24 miliar untuk mengambil alih 8 persen saham PMMP.

Direktur PT Harapan Bangsa Kita Anthony Pradiptya, yang juga menjadi rekan bisnis Kaesang Pangarep mengatakan, pembelian saham PMMP bertujuan sebagai investasi. Selama ini, PT Harapan Bangsa Kita dikenal sebagai payung usaha Kaesang Pangarep di bisnis kuliner.

PT Harapan Bangsa Kita membawahi sejumlah usaha seperti Sang Pisang, Yang Ayam, Lets Toast dan Ternakopi. Selain itu ada juga perusahaan teknologi informasi bernama Enigmacamp.

Startup pertama Kaesang

Kaesang juga sempat terjun di bisnis perusahaan rintisan. Startup pertamanya yaitu Sang Javas yang menjual t-shirt. Selama berkuliah di Singapore University of Social Sciences (SUSS), Kaesang juga mendirikan Sang Pisang, aplikasi makanan Madhang.id dan permainan Hompimpagames.

Di dunia pasar modal, Kaesang Pangarep bukanlah sosok yang asing. Secara pribadi ia mengawali investasinya di saham sejak 2017.

Lewat akun Twitternya, Kaesang Pangarep juga sempat rajin mencuit soal beberapa saham pilihan, antara lain PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Kimia Farma Tbk (KAEF), hingga PT Bank Jatim Tbk (BJTM).

Sementara di bisnis sepak bola, Kaesang Pangarep diketahui sebagai pemegang saham PT Persis Solo Saestu, pemilik klub sepakbola Persis Solo. Kaesang menguasai 40 persen saham PT Persis Solo Saestu.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!