Maju Capres Lagi, PKB Ingin Pasangkan Prabowo dengan Cak Imin
Prabowo Subianto (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

MAKASSAR - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik kemungkinan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mencalonkan kembali sebagai presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid menyebutkan, kepastian bakal majunya kembali Prabowo sebagai capres untuk ketiga kalinya, membuat arah politik semakin terpetakan.

”PKB senang kalau Pak Prabowo nyapres lagi. Setidaknya kami dapat mengukur keadaan dari pengalaman yang lalu,” ujar Jazilul Fawaid kepada wartawan, Selasa, 12 Oktober.

Menurutnya, bukan hal yang mustahil jika PKB menjalin koalisi dengan Partai Gerindra. ”Terbuka koalisi PKB dengan Gerindra, namun pelan-pelan harus disusun agenda dan figur yang diharapkan rakyat,” kata Gus Jazil.

Bahkan, kata Gus Jazil, bukan tidak mungkin Prabowo bakal dijodohkan dengan Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Dia mengakui ada keinginan dari para kader dan pengurus DPC maupun DPW PKB agar pada Pilpres 2024 mendatang partainya bisa mengusung Cak Imin alias Gus Muhaimin sebagai capres.

"Namun, secara kebijakan partai belum ada keputusan final. Sebab, PKB tidak mungkin mengusung capres sendiri tanpa berkoalisi dengan parpol lain," katanya.

Buka komunikasi dengan parpol manapun

Karena itu, PKB membuka semua kemungkinan untuk berkomunikasi dengan parpol lain, termasuk nantinya untuk mendiskusikan pasangan capres maupun cawapres.

”Pasangan Muhaimin–Prabowo mungkin atau Prabowo–Muhaimin dapat saja terjadi. Yang penting dapat merebut hati rakyat dan menang menerima amanat,” ungkap Wakil Ketua MPR RI ini.

Gus Jazil menegaskan, PKB sebagai partai yang moderat dapat membuka komunikasi dengan parpol manapun, termasuk Gerindra.

”Selama ini kami juga terus menjalin komunikasi dengan parpol-parpol lain. Dan PKB cukup bisa diterima dengan baik, bahkan selama ini selalu menjadi penentu kemenangan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menjelaskan bahwa Prabowo dipastikan akan kembali maju capres pada Pilpres 2024 mendatang.

”Saya katakan, 2024 Pak Prabowo insyaallah akan maju dalam laga pilpres. Majunya beliau karena begitu masifnya permintaan kita semua. Majunya beliau karena begitu besar harapan rakyat, pembangunan harus berlanjut, cita-cita kita berpartai belum terwujud,” ujar Muzani saat Rakorda DPD Gerindra Sulawesi Selatan, Minggu, 10 Oktober.

Muzani mengatakan, meski belum ada pernyataan langsung dari Prabowo, namun aspirasi dari para kader Partai Gerindra itu akan diteruskan.

”Dengan tidak mendahului jawaban beliau, saya katakan sekali lagi, insyaallah Pak Prabowo akan maju di Pilpres 2024,” katanya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!