Kebakaran Menghanguskan Sembilan Buah Rumah di Galesong Baru, Takalar
Tangkapan layar kebakaran yang terjadi di Dusun Tumabbiring, Desa Galesong Baru, Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Sembilan unit rumah hangus terbakar hingga rata dengan tanah di Dusun Tumabbiring Desa Galesong Baru, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Selasa malam 28 September.

Seorang saksi mata, Manis Dg Te'ne di Galesong Baru, Takalar, Selasa mengungkapkan kejadian naas tersebut terjadi sekitar pukul 18.20 Wita dari rumah salah satu warga dan api langsung berkobar kemudian merambah ke beberapa rumah lainnya.

"Apinya langsung berkobar tinggi, dan kita warga sekitar langsung panik berlarian, apinya kemudian menjalar ke samping kanan dan sampai sekarang sembilan rumah hangus terbakar," kata Daeng Te'ne.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, mobil pemadam kebakaran yang datang untuk memadamkan api sempat terhambat karena rencana pengambilan air laut tidak memungkinkan.

Pemadaman dibantu masyarakat setempat

Namun, pemadaman api yang dilakukan personil Damkar berjalan dengan lancar karena bantuan masyarakat setempat yang turut bergotong royong mengangkut air untuk ikut memadamkan api yang menjalar dengan cepat. Alhasil selama sekitar dua jam, kebakaran tersebut menghanguskan sembilan rumah.

"Ada sekitar tiga mobil pemadam yang dikerahkan tetapi susah ambil air laut karena tidak bisa menyeberang, karena takut kabel besar," urai Daeng Te'ne.

Adapun sembilan nama kepala keluarga yang menjadi korban bencana kebakaran tersebut yaitu (1) Samina Dg.Pajja, (2) Donggeng Dg.Ngasa, (3) Sala', (4) Mina Pudding, (5) Beja', (6) Ani, (7) Dg.Madi, (8) Hj.Noro', (9) Intang Misi.

Hingga saat ini, para korban telah menerima bantuan tikar dan makanan dari Pemerintah Kabupaten Takalar. Karena kejadian tersebut, warga setempat dan para korban masih bersiaga untuk mengantisipasi kebakaran lanjutan.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!