Pemprov Sulsel Siapkan Vaksin Moderna yang Disediakan bagi Penderita Komorbid
Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman pada acara vaksinasi massal di Monumen Mandala Makassar. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan ketersediaan vaksin jenis Moderna yang diperuntukkan bagi penderita komorbid yang belum mendapatkan vaksin tahap I dan dan tahap II.

Pada kegiatan vaksinasi massal bersama IOF Sulsel di Makassar, Kamis 02 September, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan vaksin jenis Moderna sudah disalurkan ke semua kabupaten kota di Sulsel.

Untuk pemberian suntikan Moderna hanya diselenggarakan di rumah sakit karena penderita komorbid yang mendapatkan vaksin Moderna harus terpantau pelaksanaannya.

"Di Sulsel kita sudah ada Moderna khusus untuk komorbid yang belum pernah divaksin. Tapi untuk penyuntikannya harus mendapat pendampingan yang kuat, makanya harus dilaksanakan di rumah sakit," jelasnya.

Masih banyak yang belum terima vaksin

Ia menjelaskan, masih banyak orang yang belum menerima vaksin tahap pertama dan kedua. Namun bukan karena tidak mau, tetapi karena terkendala atau tidak memenuhi persyaratan untuk penyuntikan vaksinasi karena menderita komorbid.

Untuk saat ini, kata dia, hal tersebut sudah dapat diantisipasi dengan menggunakan vaksin Moderna, yang memang diperuntukkan bagi penderita komorbid.

Terkait stok ketersediaan vaksin Moderna di Sulsel, ia mengaku ada puluhan ribu dosis dan sudah didistribusikan ke berbagai kabupaten dan kota.

"Saya sendiri sudah cek ada beberapa pejabat yang meninggal, ada sudah empat kali terkena COVID-19 tetapi belum pernah divaksin. Namun bukan karena tidak mau tetapi memang tidak bisa," jelasnya.

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!