Warga Sulsel Antusias Sambut Gebyar 75.000 Vaksin COVID-19 oleh Yayasan Hadji Kalla
Pelaksanaan vaksinasi massal di Makassar. ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Bagikan:

MAKASSAR - Warga Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar, antusias menyambut Gebyar 75.000 vaksin COVID-19 yang diselenggarakan oleh Yayasan Hadji Kalla dan didukung oleh berbagai pihak.

Ketua Umum Yayasan Hadji Kalla Fatimah Kalla melalui keterangannya di Makassar, Minggu 15 Agustus, menjelaskan registrasi peserta Gebyar 75.000 Vaksin pada gelombang pertama telah dibuka secara daring mulai 12 Agustus 2021.

Hanya dalam sehari, kuota 10.000 langsung penuh sehingga pendaftaran sudah harus ditutup pada 13 Agustus 2021.

"Kondisi ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat dalam mengikuti vaksinasi sudah sangat tinggi," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa Yayasan Hadji Kalla senantiasa menjadi bagian dari setiap pelaksanaan vaksinasi untuk mendukung penuh program pemerintah dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 dengan membentuk herd immunity melalui vaksin.

"Apalagi animo masyarakat untuk mengikuti vaksin sudah sangat tinggi. Sudah sepatutnya seluruh pihak saling mendukung untuk menyukseskan kegiatan ini," tambah Fatimah.

Dalam menyukseskan Gebyar 75.000 Vaksin ini, Kalla Group melalui Yayasan Hadji Kalla bekerjasama dengan IDI Makassar, PMI Kota Makassar, Dinas Kesehatan Kota Makassar, Universitas Hasanuddin serta Kodam XIV Hasanuddin. Kali ini turut didukung oleh Inievent, PT Mars Indonesia Fakultas Teknologi Industri (FTI) UMI Makassar, Grab, Gojek, Das’ad Latif Center, Rumah Sakit Bhayangkara dan Milo.

Tanpa kerja sama berbagai pihak, menurutnya, gerakan vaksinasi massal seperti ini sulit untuk dilaksanakan. IDI Kota Makassar dinilai mengambil bagian besar dalam menyukseskan program vaksinasi.

Kalla Group telah berkomitmen untuk terus berpartisipasi menyukseskan program pemerintah dalam memberikan vaksinasi yang lebih luas dan secara merata kepada masyarakat.

"Komitmen untuk membantu program pemerintah dalam percepatan pencapaian target vaksinasi terus dilakukan dengan meminta vaksin secara langsung ke Menteri Kesehatan RI," ujar dia.

Maka kegiatan Gebyar 75.000 vaksin ini akan berlangsung selama empat hari di berbagai titik.

Jadwal pelaksanaan vaksinasi

Adapun jadwal dan masing-masing titik pelaksanaan vaksinasi, yakni dimulai dari Senin & Selasa, 16 & 17 Agustus 2021 pukul 09.00-15.00 Wita digelar di tiga titik, yaitu Gor JK Unhas Tamalanrea, Mal Ratu Indah (MaRI) dan Bugis Waterpark (Bukit Baruga Antang). Selanjutnya, pada Rabu & Kamis, 18 & 19 Agustus 2021 pukul 09.00-15.00 Wita akan digelar di Universitas Fajar.

Subhan Djaya Mappaturung selaku Ketua Satgas COVID-19 KALLA mengemukakan bahwa Gebyar 75.000 Vaksin ini akan dibagi menjadi beberapa gelombang.

Pada gelombang pertama, pihaknya menyediakan 10.000 dosis vaksin. Jadi masing-masing lokasi mendapatkan 2.500 dosis. Gerakan vaksin ini pun masih terus dilanjutkan hingga total kuota 75.000 dosis vaksin diberikan kepada masyarakat di berbagai tempat pelayanan yang tersebar di Kota Makassar.

Demi terciptanya pelayanan vaksin yang terbaik kepada masyarakat, Kalla Group juga telah merekrut 100 relawan Satgas COVID-19 KALLA yang akan bertugas di berbagai titik pelaksanaan kegiatan.

Mereka adalah relawan yang berasal dari internal maupun eksternal Kalla Group. Bagi relawan eksternal Kalla Group pun telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan, yaitu mahasiswa/mahasiswi minimal semester lima, sehat jasmani dan rohani, sudah menjalani vaksin minimal tahap satu, peduli dan bertanggung jawab serta berdomisili di Kota Makassar dan sekitarnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!