Sri Mulyani Sampaikan Selamat Iduladha untuk Masyarakat Indonesia, Warganet: Semoga Keprihatinan Ini Berbuah Kesabaran
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Kemenkeu)

Bagikan:

Makassar—Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengucapkan selamat hari raya Iduladha bagi masyarakat Indonesia melalui laman Instagram pribadinya di @smindrawati. Dalam unggahan tersebut, Menkeu mengungkapkan bahwa perayaan kali ini tidak lepas dari suasana sederhana tetapi tidak mengurangi makna Iduladha itu sendiri.

“Perayaan Iduladha selalu mengingatkan kita akan pentingnya berbagi dengan sesama. Maka meski hanya di dalam rumah dan tidak berkumpul di lapangan untuk merayakan solat Ied bersama atau menyaksikan penyembelihan hewan qurban di pelataran masjid, namun insyaAllah hal ini tidak mengurangi niat baik kita untuk beribadah kurban,” ujarnya pada Selasa, 20 Juli.

Menurut Menkeu, perayaan Iduladha juga menjadi pengingat kita akan peristiwa Nabi Ibrahim yang hendak mengorbankan anaknya sendiri yaitu Nabi Ismail karena menjalankan perintah Allah.

“Inilah bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT yaitu dengan memberikan/mengurbankan hal yang paling berharga yang kita miiki,” tuturnya.

Hikmah dari situasi sulit

Dari hal tersebut, bendahara negara ini mencoba menggugah masyarakat untuk mengambil pelajaran bahwa pasti ada hikmah tersendiri dari setiap situasi yang dihadapi manusia.

“Pengorbanan dan keikhlasan inilah yang kita jadikan modal ataupun contoh dalam kehidupan hari ini, terutama dalam menghadapi pandemi COVID-19,” tegasnya.

https://www.instagram.com/smindrawati/?utm_source=ig_embed&ig_rid=6cc92a18-fa33-45b8-aec4-9b3fee12f9ff

Untuk itu, dia mendorong agar semua insan untuk tabah dan berpikir positif bahwa kondisi sulit pasti menyimpan makna kebaikan apabila dijalani dengan ikhlas.

“Mari kita bersama-sama dan saling bergotong royong untuk berbagi dengan sesama yang terdampak pandemi. Jadikan momentum Iduladha ini sebagai tabungan pahala kita,” sebutnya.

Terakhir, Menkeu tidak lupa mengajak masyarakat untuk mematuhi aturan kesehatan agar tetap dapat berkegiatan sehari-hari.

“Jangan lupa, selalu disiplin terapkan protokol kesehatan dalam keseharian kita. Selamat merayakan Hari Raya Iduladha 1442 H,” ucap Menkeu.

Unggahan itu sendiri disukai 1.000 warganet hanya dalam tempo 20 menit. Salah satu yang merespon di kolom komentar adalah @baron_basuning. Warganet satu ini menyebut jika perayaan Iduladha dalam situasi pandemi membuat semua aktivitas cukup terbatas. Namun, dia yakin keadaan ini tidak akan berlangsung selamanya dan pasti bakal menemui titik terang.

“Semoga keprihatinan kita semua berbuah kesabaran yang pada masanya kembali indah. Selamat Iduladha 1442 H,” kata @baron_basuning. 

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!