Erick Thohir Resmikan Pertamina International Shipping sebagai Jembatan Urat Nadi Indonesia
Ilustrasi. (Foto: Dok. Pertamina)

Bagikan:

MAKASSAR - PT Pertamina International Shipping (PIS) siap menghubungkan urat nadi Indonesia dalam bentuk marine logistics.

"PT PIS merupakan salah satu subholding yang ada di Pertamina. PIS sebagai marine logistics yang berperan menjembatani atau mengalirkan seluruh urat nadinya Indonesia," ujar Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT PIS M. Ferry Bagdja dalam Safari Ramadhan virtual di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu 6 Mei.

Menurut Ferry, logistics bermakna sebagai port to port, dan Pertamina International Shipping menyambungkan titik-titik nadi tersebut dalam bentuk marine logistics.

"Kalau pemerintah Indonesia mempercayakan PT PIS sebagai urat nadi atau port to port systems yang ada di Indonesia, maka yang harus kita lakukan adalah dengan berbakti kepada nusa dan bangsa. Kita harus siap untuk memberikan yang terbaik bagi PT Pertamina International Shipping," katanya.

PT Pertamina International Shipping adalah subholding PT Pertamina (Persero) yang dibentuk sebagai perusahaan pelayaran internasional dengan visi “Perusahaan pelayaran terkemuka di Asia, memperjuangkan pembangunan ekonomi Indonesia”.

Dengan tujuan menjadi perusahaan yang tumbuh dan berkembang maka dibentuklah rencana jangka panjang perusahaan sebagai roadmap atau arah manajemen PT PIS dalam menjalankan bisnisnya.

Langkah awal untuk memperkuat posisi

Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Rabu, meresmikan PIS sebagai subholding PT Pertamina (Persero). Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa peresmian ini menjadi langkah awal bagi PT PIS untuk terus memperkuat posisinya di industri energi dari sisi marine dan logistik.

Sementara itu Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa langkah strategis tersebut merupakan bagian dari rencana Pertamina untuk mengintegrasikan bisnis dari PT PIS yang nantinya tidak hanya mengelola kapal-kapal tetapi juga sampai pada bisnis marine dan logistik.

Nicke juga berharap dengan terintegrasinya layanan shipping, marine dan logistic di bawah PT PIS akan mengukuhkan posisinya di sektor maritim melalui sinergi aset dan layanan di masa depan sehingga PT PIS dapat lebih berkembang dalam skala nasional maupun global serta menjalankan bisnisnya dalam rangka menunjang penggunaan green energy.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!