Jokowi Gelontorkan Anggaran Rp370 Miliar untuk Bangun 2 Jembatan Putus Akibat Banjir Bandang NTT
Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur, Maksi Nenabu (Foto: ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Maksi Nenabu menjelaskan, pemerintah pusat sudah mulai membangun dua jembatan yang rusak karena terjangan badai siklon tropis seroja. 

Anggaran yang dikeluarkan pemerintah menyentuh Rp370 miliar lebih. "Pada tahap pertama Pemerintah pusat sudah menyetujui adanya pembangunan dua jembatan yang rusak akibat seroja, yaitu jembatan Benenai di Kabupaten Malaka dan Jembatan Termanu di Kabupaten Kupang," kata Maksi Nenabu ketika dihubungi di Kupang dilansir Antara, Senin, 6 Juni. 

Menurutnya, jembatan Bebenai di Kabupaten Malaka yang rusak akibat terjangan banjir bandang dibangun dengan anggaran sekitar Rp300 miliar.

"Pengerjaan jembatan Benenai di Malaka sudah berproses dan ditangani langsung oleh Pemerintah Pusat,"tegasnya.

Anggaran pembangunan sebesar Rp70 miliar

Sementara, pembangunan Jembatan Termanu di Kabupaten Kupang mulai dilakukan pada 2021 dengan anggaran Rp70 miliar.

"Pemerintah pusat memprioritaskan pembangunan dua jembatan itu karena menjadi urat nadi transportasi serta mendukung percepatan pembangunan ekonomi masyarakat," tegasnya.

Selain itu menurut Maksi Nenabu, pemerintah NTT juga telah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk pembangunan puluhan unit jembatan yang rusak akibat terjangan badai siklon tropis seroja. 

Ia menjelaskan anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan puluhan unit jembatan itu senilai Rp200 miliar lebih.

"Kami sudah usulkan mudah-mudahan dalam waktu yang tidak lama lagi bisa disetujua Pemerintah pusat. Pembangunan puluhan unit jembatan itu tidak bisa menggunakan anggaran daerah karena dananya sangat terbatas," tegas Maksi Nenabu.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!