Pasar Tanah Abang Penuh Kerumunan, DPR Beri Imbauan Tegas
Ilustrasi-Aktivitas di Pasar Tanah Abang (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Anggota DPR mengamati kerumunan di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, setelah adanya foto dan video yang viral di media sosial.

Wakil Ketua Komisi II DPR Fraksi PKB Luqman Hakim mengimbau seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan tidak abai karena pandemi COVID-19 masih berlangsung.

"Jangan main-main dengan ancaman penyebaran COVID-19. Jelaskan kepada rakyat di daerahnya masing-masing, agar terus bersabar dan mentaati protokol kesehatan pada kegiatan apapun sehari-hari," ujar Luqman melalui pesan singkat, Senin, 3 Mei.

Minta Satgas COVID-19 lebih ketat dalam pengawasan

Politikus PKB itu meminta seluruh pemerintah daerah bersama Satgas COVID-19 untuk lebih ketat mengawasi dan memastikan tidak terjadi penumpukan manusia di pusat-pusat perbelanjaan menjelang dan setelah lebaran.

"Saya memohon kepada seluruh kepala daerah untuk melaksanakan keputusan pemerintah pusat mengenai larangan mudik lebaran tahun ini," tegas Luqman.

Dia berharap, Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno untuk mempertimbangkan kembali kebijakan pembukaan tempat-tempat wisata pada saat libur lebaran.

Melihat kejadian di Pasar Abang, Luqman mengaku pesimis pemerintah memiliki cukup aparat untuk menjaga tempat-tempat wisata, bahkan memastikan tidak terjadi pelanggaran protokol kesehatan secara massif apabila dibolehkan buka selama libur Idulfitri.

"Setelah libur lebaran selesai, silahkan jika pemerintah akan membuka kembali tempat-tempat wisata, selama memiliki keyakinan mampu memastikan protokol kesehatan dapat berlaku dengan ketat di sana," tandas Luqman Hakim.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!