Presiden Jokowi "Pede" Lepas Masker Saat Sambut Tamu Negara
Ilustrasi/Foto: Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebutkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan tamu negara Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier tetap menggunakan masker saat berada di dalam ruangan.

Namun, saat berada di luar ruangan, seperti ketika Presiden Jokowi menyambut kedatangan Presiden Frank-Walter Steinmeier di Halaman Istana Kepresidenan Bogor, keduanya memang melepas masker karena tingkat penularan COVID-19 yang rendah di Indonesia.

“Kita tetap konsisten (protokol kesehatan). Di luar kita bisa membuka masker, di luar kecil sekali. Tapi begitu masuk ke ruangan diharapkan atau disarankan tetap mengenakan masker. Bapak Presiden dan tamunya pun demikian,” kata Budi di kawasan Istana Kepresidenan Bogor, Kamis 16 Juni.

Presiden Jokowi menyambut kedatangan Presiden Steinmeier dengan upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis. Saat tiba, Presiden Frank-Walter Steinmeier disambut iringan Pasukan Nusantara, Pasukan Berkuda, dan Korps Musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Prosesi penyambutan selanjutnya yaitu upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkan lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Tetap waspada dan hati-hati

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara.

Dalam setiap prosesi penyambutan hingga perbincangan di Beranda Istana Kepresidenan Bogor, tampak kedua kepala negara tidak mengenakan masker.

“Indonesia sudah baik sekarang. Kita bukan negara yang sangat agresif untuk membuka (masker). Tetap waspada dan hati-hati. Pesan Presiden harus dilaksanakan, di luar bisa buka masker, tapi di dalam kita tetap pakai masker,” ujar Menkes.

Saat ini, Presiden Jokowi tengah melaksanakan pertemuan tatap muka dengan Presiden Frank-Walter Steinmeier.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.