Berangkat ke AS, Jokowi Akan Menemui Pemimpin ASEAN dan Joe Biden
Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bagikan:

MAKASSAR - Presiden Joko Widodo pada pagi ini terbang menuju Washington DC, Amerika Serikat. Jokowi terbang dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, didampingi oleh Iriana Joko Widodo.

Dalam kunjungannya ke Amerika, Jokowi juga didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di AS untuk menyiapkan kunjungan kerja Presiden.

"Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022," kata Jokowi sebelum lepas landas di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa, 10 Mei.

Di Amerika nanti, Jokowi menjelaskan dirinya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Rangkaian pertemuan yang akan dihadiri Jokowi antara lain pertemuan dengan anggota kongres, pertemuan dengan para CEO besar Amerika, pertemuan dengan Wapres Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika, dan pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden Biden.

Indonesia sebagai koordinator kemitraan ASEAN-AS

Jokowi menjelaskan, saat ini Indonesia memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024. Indonesia berharap, KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, lanjut Jokowi, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk Amerika Serikat, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

"Kita memiliki tanggung jawab menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan damai, yang stabil, dan sejahtera," ujar dia.

Rencananya, Jokowi dan rombongan akan kembali ke Jakarta segera setelah rangkaian pertemuan selesai pada tanggal 13 Mei malam. Jokowi dijadwalkan tiba di Tanah Air pada hari Minggu pagi, 15 Mei 2022.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.