BBPOM Makassar Gelar Sidak ke Sejumlah Toko Parcel Jelang Idul Fitri
Kepala BBPOM Makassar Hardaningsih bersama tim melakukan sidak di toko parsel di Jalan Bulukunyi, Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar menyelenggarakan inspeksi mendadak (Sidak) sejumlah toko parcel dan toko swalayan di Makassar menjelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kami melakukan pemantauan untuk memastikan produk yang dibuat parsel atau hampers itu aman untuk konsumen," kata Kepala BBPOM Makassar Hardaningsih di Makassar, Senin 25 April.

Dia menjelaskan pelaksanaan sidak ini bersama instansi terkait, termasuk Asisten II Pemkot Makassar, Rusmayani Madjid menjadi agenda rutin setiap tahun yang dilakukan jelang lebaran.

Adapun toko parcel yang dikunjungi untuk sidak diantaranya toko parcel di Jalan Bulukunyi dan Jalan Sungai Saddang, Makassar. Sedang toko swalayan yang pantai produk jualannya adalah Toko Satu Sama.

Dari hasil pantauan tersebut, Hardaningsih mengatakan hingga saat ini tidak ada yang ditemukan produk yang dijadikan parcel yang sudah kadaluarsa.

Sementara itu, salah seorang pemilik Toko Parcel yang dikunjungi tim BBPOM dan instansi terkait, Aisyah mengatakan, produk yang dibeli dari toko retail untuk dijadikan parsel sudah diseleksi, sehingga dipastikan tidak ada yang kadaluarsa.

"Ini juga untuk menjaga nama toko kami, sekaligus menjaga kepercayaan pelanggan," kata Aisyah.

Animo pembeli parsel jauh lebih baik

Mengenai animo pembeli parsel pada saat jelang lebaran tahun ini, diakui lebih baik dibandingkan dalam kurun dua tahun lalu saat pengetatan PPKM akibat pandemi COVID-19 diberlakukan.

Menurut dia, saat ini ada peningkatan 50 persen animo pembelian parsel dibandingkan tahun lalu. Sebagai gambaran, capaian pembelian 50 buah hinggi 75 buah keranjang parcel per hari dalam sepekan terakhir.

Adapun harga parsel yang dijual mulai dari harga Rp150 ribu per unit hingga Rp4,5 juta per unit yang isinya selain berbagai jenis produk makanan dan minuman, juga dilengkapi dengan seperangkat cangkir mewah.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.