Berita Sulbar Terbaru: Pemkab Mamuju Tengah Susun Delapan Program Unggulan Pemerintah
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda) Kabupaten Mamuju Tengah Litha Febriani, Selasa, mengatakan rencana pembangunan tahun 2023 telah disusun pemerintah di Mamuju Tengah. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyusun delapan program unggulan yang akan dijalankan pemerintah pada 2023.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Mamuju Tengah Litha Febriani, Selasa 22 Maret, menjelaskan rencana pembangunan tahun 2023 telah disusun pemerintah di Mamuju Tengah.

Ia mengungkapkan, pembangunan Mamuju Tengah tahun 2023 akan dimaksimalkan untuk pembangunan infrastruktur untuk pelayanan dasar dan daya saing perekonomian daerah.

Menurut dia terdapat delapan program pemerintah yang menjadi program unggulan akan dilaksanakan pada 2023.

Program unggulan pemerintah

Diantaranya pembangunan infrastruktur dasar dan wilayah yakni menyangkut pembangunan infrastruktur dasar lendidikan, kesehatan dan layanan sosial serta pembangunan infrastruktur wilayah secara merata di perkotaan dan pedesaan.

Selain itu pelayanan pendidikan dan kesehatan dengan, meningkatkan layanan publik, pemantapan SDM dalam pemenuhan akses masyarakat kembali ber sekolah

Selain itu pembangunan dan pengembangan ekonomi ramah lingkungan, pemantauan dan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup

Ia juga mengatakan, program lainnya, pemeliharaan ketertiban dan kesatuan bangsa, deteksi dini dan pencegahan konflik sosial, politik, antar etnis, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum.

"Kemudian pengembangan UMKM dan Investasi berbasis sumber daya unggulan lokal, penciptaan iklim investasi yang kondusif dan peningkatan produktivitas tenaga kerja," katanya.

Pembangunan inovasi daerah

Selain itu pengembangan produksi dan hilirisasi pertanian, pengembangan hilirisasi produk unggulan secara bertahap dan memperkuat ketahanan pangan lokal.

Penguatan tata laksana pemerintah, meliputi sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien serta terukur.

Terakhir kata dia, pembangunan inovasi daerah dengan melakukan pemetaan inovasi perangkat daerah dalam mendukung sasaran pembangunan.

“Semua Program tersebut berpedoman rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) yang sudah kita sepakati bersama DPRD Mamuju Tengah, kemudian rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Mamuju Tengah yang sinkron dengan program pemerintah pusat dan Pemprov  Sulbar," katanya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.