Sambut Hari Anak Down Syndrome, KOADS Sulsel Selenggarakan Sunatan Massal
Anak-anak down syndrome mengikuti kegiatan menangkap belalang pada acara yang digelar KOADS Sulsel dan Yayasan Hadji Kalla 2 Januari 2022. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dalam rangka menyambut Hari Anak Down Syndrome, pada 21 Maret 2022, Komunitas Orangtua Anak dengan Down Syndrom (KOADS) Sulawesi Selatan menggelar sejumlah kegiatan termasuk sunatan massal.

Ketua KOADS Sulsel Andi Rahmatullah, di Makassar, menjelaskan selain kegiatan sunatan massal, pihaknya juga berencana melaksanakan pemeriksaan jantung, pengajian, dan webinar.

"Untuk peserta, kalau dari KOADS sendiri sekarang ada sekitar dua puluh orang," ujarnya.

Andi Rahmatullah menyebutkan, khusus untuk sunatan massal dan pemeriksaan jantung bagi anak dengan down syndrome, KOADS Sulsel sudah berkoordinasi dengan Rumah Sakit Sayang Rakyat.

Penerapan protokol kesehatan ketat

Selain itu, pelaksanaan hari anak syndrome ini tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Apalagi, anak-anak dengan down syndrome termasuk kategori rentan.

Sebelumnya, Yayasan Hadji Kalla bersama Komunitas Orang Tua Anak dengan Sindroma Down (KOADS) menyelenggarakan kegiatan yang berorientasi edukasi terhadap lingkungan di Denassa Botanical Garden, Bontonompo, Kabupaten Gowa.

Kegiatan ini dihadiri oleh 23 orang anak dengan variasi fisik sindroma down yang disertai dengan keluarga mereka.

Dalam kegiatan field trip edukasi ini, panitia pelaksana dan owner Rumah Hijau Denassa telah menyusun alur acara seperti kelas memasak kue onde-onde, pengambilan foto di ampiteater kebun Denassa.

Selanjutnya dilakukan kegiatan menangkap belalang sambil belajar keanekaragaman hayati dan fungsinya yang berada di kebun Denassa, menanam padi, serta lomba mewarnai.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!