Vaksinasi Pelajar SMA di Sulsel Capai 80 Persen untuk Dosis Pertama
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada pelajar SMP di Kota Makassar, Sulsel. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyebutkan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar SMA/sederajat di Sulawesi Selatan mencapai 80,20 persen dengan total 287.098 orang untuk dosis 1 hingga 17 Desember 2021.

Sedangkan pada dosis 2, capaian vaksinasinya mencapai 61,56 persen atau 220.379 orang.

Melalui keterangannya di Makassar, Ahad 19 Desember, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan cakupan vaksinasi COVID-19 bagi pelajar ini, menjadi salah satu indikator penilaian kinerja bagi kepala sekolah.

"Mari kita terus kebut vaksinasi menuju 70 persen hingga akhir Desember 2021 untuk membentuk kekebalan kelompok," ujarnya.

Ia kembali menegaskan untuk menjalankan kebut vaksinasi kepada Kepala Sekolah tingkat SMA/Sederajat di Sulsel. Termasuk bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).

Cakupan vaksinasi banyak yang kurang dari 70 persen

Hanya saja, kendati melebihi 70 persen, namun jika dilihat dari masing-masing kabupaten/kota, masih banyak cakupan vaksinasi yang kurang dari 70 persen.

“Ini yang kedua kali ini saya tegaskan, setiap sekolah, target capaian vaksinnya harus minimal 70 persen,” kata Andi Sudirman.

Sementara guru dan tenaga kependidikan untuk dosis 1 yakni 30.429 orang atau 88,93 persen dan dosis 2 yakni 29.296 orang atau 85,38 persen.

Kepala Dinas pendidikan Kota Makassar Nielma Palamba menyebutkan, Makassar mengupayakan berbagai macam cara agar orangtua peserta didik menjalani vaksinasi. Alhasil 98 persen pelajar SMP telah divaksinasi seluruh Kota Makassar.

"Penekanannya, yang belum divaksinasi tidak bisa PTM (Pertemuan Tatap Muka) ini salah satu upaya kami agar cakupan naik. Dengan kesadaran sendiri, orang tua sadar melaksanakan vaksinasi di puskesmas dan seluruh layanan kesehatan Makassar," ujarnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!