Prakiraan Cuaca BMKG: Peningkatan Curah Hujan Hari Ini, Rabu 17 November Berpotensi Picu Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

MAKASSAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadinya peningkatan curah hujan di beberapa daerah di Indonesia yang berpotensi mengundang bencana banjir hingga tanah longsor, Rabu 17 November.

Mengutip Antara, Rabu, 17 November, dilansir dari laman www.bmkg.go.id, potensi hujan deras diprakirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Sementara itu, untuk wilayah Selatan Indonesia diprakirakan terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk wilayah Kalimantan diprakirakan seluruh wilayah Kalimantan berpotensi terjadi hujan deras disertai dengan kilat petir dan juga angin kencang.

Untuk wilayah Sulawesi dan Timur Indonesia diprakirakan terjadi di wilayah Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Hujan petir dan angin kencang di Maluku dan Papua

BMKG juga mengimbau kepada masyarakat di wilayah Maluku Utara dan juga Papua Barat, untuk waspada sebab terdapat potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang.

Sejumlah wilayah ibu kota provinsi yang diprakirakan berawan hingga cerah di antaranya Bengkulu, Bandar Lampung, Padang, Palembang, Pontianak, Ternate, Kupang, dan Manokwari.

Adapun situasi suhu di kota besar rata-rata berkisar antara 22 hingga 33 derajat celsius dengan tingkat kelembapan berkisar antara 60 hingga 100 persen.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!