Promosikan Wisata Sulsel, Pemprov Gandeng Komunitas Sepeda Lipat Makassar
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada acara pelepasan peserta Jelajah Pesona Sulawesi di Makassar, Sulsel. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dalam upaya memperkenalkan sekaligus promosi wisata di Sulsel, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan menggandeng Komunitas Sepeda Lipat Makassar (SLiM) dan PHRI dalam ajang Jelajah Pesona Sulawesi 2021.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan sebanyak 70 peserta akan menempuh jarak 333 km selama empat hari, melewati rute Makassar-Pinrang-Enrekang-Toraja, dengan melintasi sembilan kabupaten/kota.

"Tentu ini adalah kecintaan kita pada bagaimana hidup sehat, ramah dengan lingkungan karena sepeda lipat ini tidak menimbulkan emisi," ujarnya saat melepas peserta di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Makassar, Sulsel, Kamis 11 November.

"Ini juga sebagai kampanye rendah karbon. Terutama bagaimana bersepeda menjadi kebiasaan," kata Andi Sudirman.

Tumbuhkan kembali sektor pariwisata

Plt Gubernur juga tentunya ikut mendukung budaya bike to work, serta hak pesepeda pada jalur lintasan.

"Tadi, saya berdiskusi bagaimana bike to work, juga jalur khusus pesepeda. Saya bilang kita cat yang merupakan jalan kewenangan provinsi. Kita akan buatkan track-nya, kita ajak balai, kita jadi contoh," sebutnya.

Pandemi COVID-19 membuat sektor pariwisata terpuruk, sehingga diharapkan kehadiran peserta dari berbagai wilayah di Indonesia dapat mengembangkan kembali sektor pariwisata.

Adapun rute di hari pertama dari Makassar ke Pinrang, peserta akan menginap dan dijamu di Rumah Jabatan Bupati Pinrang. Selanjutnya, pada hari kedua, peserta menuju ke Cakke di Kabupaten Enrekang dan dijamu oleh pemerintah daerahnya. Hari ketiga peserta akan berangkat dari Enrekang menuju ke Toraja.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!