Selain Rendahnya Minat Masyarakat, Dinkes Sulsel Akui Kesulitan Jangkau Warga Terpencil untuk Vaksinasi
Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Arman Bausat. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Untuk menjangkau warga terpencil dan memberikan vaksinasi, Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan mengakui kesulitan, selain itu minat warga untuk disuntik vaksin COVID-19 juga rendah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Arman Bausat di Makassar, Kamis 04 November menjelaskan saat ini stok vaksin tidak susah, namun yang susah sekarang adalah sasaran, utamanya di daerah terpencil.

"Gampang sekali mendapat sasaran sekarang karena yang kita gapai cuma yang di daerah kota, tapi kalau lihat ke desa-desa sudah sulit," urai dr Arman.

Ia mengakui bahwa vaksinasi saat ini memang terkendala di daerah pesisir, karena 40 persen vaksinasi lebih banyak diadakan di ibu kota kabupaten maupun provinsi.

Oleh sebab itu, kata dr Arman, Pemprov Sulsel akan melakukan inovasi dalam menggaet minat masyarakat pedesaan, khususnya pesisir dan terpencil untuk diberi vaksinasi COVID-19.

"Sekarang, stok vaksin tersedia, vaksinator terpenuhi, sisa bagaimana kita mengajak warga desa di daerah-daerah ikut vaksinasi, utamanya pada kelompok lansia," ujarnya.

Vaksinasi lansia capai 18,56 persen

Berdasarkan data KPCPEN pada 3 November 2021, total kelompok lansia yang telah divaksin ada sejumlah 139.959 orang untuk dosis 1, sedangkan dosis 2 sebanyak 91.946. Dengan demikian vaksinasi lansia baru mencapai 18,56 persen dari 753.919 orang target lansia di Sulsel.

Sementara capaian vaksinasi Sulsel yakni 40,46 persen atau 2.855.441 orang warga Sulsel telah disuntik vaksin dosis 1 dari target sebanyak 7.058.141 orang. Sedangkan yang telah menerima vaksin dosis 2 yakni sebanyak 26,81 persen.

dr Arman Bausat mengakui bahwa capaian vaksinasi lansia masih sangat minim, kecuali di Kabupaten Tana Toraja yang telah mencapai di atas 40 persen.

"Memang daerah lain masih rendah, nah upaya kita ialah bagaimana melibatkan tokoh masyarakat untuk menggaet para lansia ini ikut divaksin, termasuk mengedukasi keluarganya," kata dr Arman.

Arman menyampaikan pula bahwa pihaknya akan bersinergi dengan TNI/Polri dalam meningkatkan cakupan, khususnya pada wilayah pinggiran dan terpencil.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!