Warganet Dibuat Geram dengan Hadirnya Squid Game Ala China
Squid Game (Netflix)

Bagikan:

Makassar—Serial Squid Game yang kini populer memberikan inspirasi kepada berbagai negara untuk membuat tiruannya. Hal ini juga dilakukan layanan streaming asal Tiongkok, Youku yang menghadirkan acara berjudul Squid’s Victory.

Sebuah poster yang menggambarkan logo Squid’s Victory tersebar di internet. Logo dengan desain serupa logo Squid Game, yakni warna abu-abu dengan tulisan putih dan pink. Kabarnya acara ini akan tayang mulai tahun 2022 mendatang di Youku.

Seperti cerita aslinya, Squid’s Victory berkisah tentang kompetisi permainan tradisional anak yang diikuti oleh sederet kontestan. Berita ini menuai kritik negatif yang datang dari warganet Korea Selatan.

Menumpang kesuksesan konten Korsel

Diketahui Tiongkok mulai melarang adanya K-pop dan drama Korea di sana tapi di sisi lain “menumpang” kesuksesan konten Korea Selatan untuk negara mereka.

Melansir NME pada Jumat, 22 Oktober, pihak produksi meminta maaf dan mengklaim poster ini hanya draft pertama untuk acara terbaru di Youku.

“Ini adalah draft pertama untuk acara Game’s Victory yang sudah dihapus,” kata pihak produksi Game’s Victory.

Tetap saja, warganet sudah telanjur geram dengan tiruan tersebut. Seorang warganet berkata, “Pemerintah China melarang K-pop dan acara Korea di sana tapi perusahaan produksi Tiongkok meniru banyak acara Korea.”

“Ini bukan acara kecil. Bukankah YOUKU sangat populer di China? Tapi mereka menirunya? Klasik hahahaha saya tidak terkejut dengan kepalsuan mereka,” kata warganet lainnya.

“Netflix ayo lakukan sesuatu!” kata warganet lainnya yang berharap Netflix untuk turun tangan. Setelah kontroversi ini, pihak Youku mengganti nama acara menjadi Game’s Victory tapi konsepnya masih sama.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!