Gubernur Sulsel dan Konjen Australia Adakan Pertemuan Bahas Kerjasama Bilateral
Plt Gubernur Sulsel bersama Konjen Australia membahas potensi kerjasama bilateral di Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Konsulat Jendral (Konjen) Australia di Makassar, Bronwyn Robbins mengunjungi Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman untuk silaturahmi sekaligus membahas potensi kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Dalam pertemuan di Rujab Wakil Gubernur Sulsel di Makassar, Kamis 21 Oktober, Andi Sudirman Sulaiman menyebutkan, jika Australia tertarik berinvestasi untuk bidang peternakan dan pertanian, maka Pemprov Sulsel akan menyediakan lahan bekerja sama dengan perusahaan daerah.

"Kami ingin mengoptimalkan apa yang kami miliki. Kami memiliki lahan dan pertanian. Petani butuh pendampingan untuk meningkatkan kualitas produksinya, kualitas masih menjadi kendala," jelas Andi.

Menurut dia, dengan kerja sama, para ahli dari Australia dapat membantu memaksimalkan produksi pertanian.

Fokus kembangkan sekolah vokasi

Selain itu, ia juga berharap Australia dapat mengirimkan tenaga ahlinya untuk mengajar, karena tahun depan Pemerintah Sulsel akan fokus pada pengembangan sekolah vokasi.

"Sekolah vokasi ini misalnya di bidang pariwisata, pertanian, industri, peternakan dan perikanan," sebutnya.

Sementara itu, Bronwyn Robbins mengatakan Pemerintah Australia mendukung upaya recovery (pemulihan) yang dilakukan Sulsel.

Ia menyatakan, Australia tertarik bekerja sama dengan Sulsel di bidang peternakan, pertanian, kelautan, pariwisata, dan industri kecil dan semakin mengoptimalkan kerja sama yang telah terjalin.

Australia juga berkenan untuk membagikan keahlian yang dimiliki pada bidang-bidang tertentu.

"Untuk itu kami ingin mendengarkan apa yang menjadi prioritas Anda Pak Gubernur," urainya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!