Manfaat Kembang Kol untuk Penderita Diabetes, Mampu Turunkan Glukosa Darah
Kembang kol/ Foto: Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Dengan kandungan serat tinggi, kembang kol memberikan khasiat bagi para penyandang diabetes dan penderita masalah kolesterol. Selain ideal, kembang kol juga dapat menurunkan kadar glukosa darah, kandungan kalori yang rendah, dan cocok digunakan untuk menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, kembang kol juga sayuran dengan sifat diuretik dan depuratif, karena jumlah air dan kalium yang ada dalam komposisinya. Selain itu sayuran ini juga memiliki kandungan natrium yang rendah.

Dilansir dari laman Tododisca, orang dengan diabetes cenderung mengumpulkan banyak kadar glukosa dalam darah, karena hormon insulin yang kurang berfungsi atau bahkan tidak berproduksi baik. Insulin adalah zat yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar glikemia.

Cocok untuk turunkan kadar glukosa darah

Oleh sebab itu, penderita diabetes harus mengontrol pola makannya untuk menghindari asupan produk yang secara cepat meningkatkan kadar glukosa darah. Dengan demikian, selain menjadi makanan dengan kekuatan antioksidan dan manfaat kesehatan yang besar lainnya, kembang kol juga cocok untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Kadar glukosa darah seseorang yang terlalu tinggi disebut hiperglikemia, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan hingga kerusakan organ tubuh.

Dalam hal ini, hiperglikemia dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, yang bertanggung jawab untuk mengangkut darah ke organ vital. Oleh karena itu, dapat menimbulkan masalah jantung, penyakit ginjal, stroke, atau bahkan gangguan penglihatan.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!