Sungai Meluap, Banjir Rendam Pemukiman Warga di Dua Desa di Mamuju
Kondisi salah satu rumah warga di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), yang terendam banjir. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Pemukiman warga yang ada di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terendam banjir akibat luapan sungai dan hujan deras..

Ratusan rumah yang terletak di sekitar Sungai Kalukku yakni Desa Sondoang dan Desa Beruberu Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, Jumat, direndam banjir setinggi satu meter.

Warga setempat menjelaskan, hujan yang turun sepanjang malam di wilayah Kecamatan Kalukku membuat Sungai Kalukku meluap dan menggenangi rumah warga.

"Banjir datang Jumat dinihari setinggi satu meter merendam pemukiman warga, banjir yang datang tiba-tiba disertai lumpur dan kayu," kata Amelia salah seorang warga Desa Sondoang.

Ia mengatakan, bukan hanya rumah warga yang terendam banjir, tetapi rumah ibadah dan fasilitas umum juga terendam banjir disertai lumpur dan potongan kayu yang dibawa banjir.

Butuh bantuan makanan dan air bersih

Herlina salah seorang warga lainnya mengatakan, masyarakat sejumlah dusun di Desa Sondoang membutuhkan bantuan makanan dan serta air bersih.

Ia juga meminta bantuan pemerintah dan relawan untuk membersihkan lumpur akibat banjir yang masuk ke rumah warga, fasilitas umum dan fasilitas pelayanan bagi masyarakat.

"Kami butuh air bersih dan pasokan makanan serta bantuan relawan membersihkan lumpur sisa banjir," katanya.

Ia juga menyampaikan, masyarakat setempat masih waspada karena khawatir banjir terjadi lagi ketika hujan masih turun.

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!