4 Jenis Bunga Ungu yang Akan Membuat Halaman Rumah Semakin Indah
Ilustrasi (Tom Swinnen/Pexels)

Bagikan:

Makassar—Bersantai pada sore hari di rumah tentunya paling nikmat kalau minum teh sambil duduk di halaman menikmati pemandangan tanaman hias. Banyak tanaman hias yang kini sedang marak dikembangbiakkan. Beberapa di antaranya adalah macam-macam bunga ungu yang memberi kesan feminin sekaligus eksotis. Menaruh pot bunga ungu secara berjajar pasti akan membuat suasana pekarangan rumah semakin berkesan.

Tidak perlu bingung memilih bunga ungu yang bisa menghiasi halaman rumah jadi bergaya tropis nan eksotis. Di bawah ini, VOI punya beberapa rekomendasi bunga ungu yang layak Anda pilih.

Verbena

Jika menanam jenis bunga ungu ini di halaman rumah, Anda bisa menikmatinya sepanjang tahun, khususnya pada waktu cuaca panas. Bunga verbena cenderung memiliki warna ungu yang pekat hingga membuat suasana pekarangan semakin semarak. Nah, karena pohon verbena bisa tumbuh tinggi hingga sekitar 30 cm, ada baiknya Anda menanamnya di pot yang agak besar. Pastikan Anda menyiram bunga ungu ini setiap hari agar ia bisa terus bermekaran dan enak dipandang mata setiap saat.

Bunga Balon

Nama bunga ungu yang cantik ini adalah platycodon. Namun, orang-orang sering menyebutnya sebagai bunga balon karena sebelum mekar, kuncup bunga ungu terlihat berlubang-lubang seperti balon kecil.

Sebenarnya, warna bunga balon pun bukan hanya ungu saja. Akan tetapi, jika Anda mencari bunga ungu dengan jenis platycodon, pilihlah varietas biru Astra atau biru Fuji. Walaupun disebut biru, varietas ini merupakan bunga ungu yang menawan dengan tampilan warna gabungan antara biru dan ungu pucat. Jangan lupa untuk menaruh bunga balon di tempat yang sejuk, tapi pastikan juga sinar matahari dapat terjangkau oleh bunga ungu ini sepanjang hari.

Lavender

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis bunga ungu yang satu ini. Ya, lavender sering dijadikan sebagai bahan dasar untuk berbagai minyak aromaterapi. Selain itu, bunga ungu yang cantik ini juga terkenal sebagai pengusir nyamuk karena mengandung linalool dan linalyl.

Adanya bunga lavender di pekarangan rumah juga bisa membuat waktu santai sore Anda benar-benar maksimal dan meredakan stres karena wangi bunga lavender yang memang bersifat menenangkan.

Clematis

Clematis merupakan jenis bunga yang tidak cocok Anda taruh di pot. Tanamlah pohon bunga ini di tanah karena ia bisa tumbuh hingga setinggi 9 meter. Ketika musim berbunga, seluruh daunnya akan tertutup oleh banyak bunga yang menawan dan bisa membuat Anda semakin betah duduk-duduk di kursi teras untuk memandanginya. Jika mencari bunga ungu dengan jenis clematis, pilihlah varian Arabella yang menampilkan paduan warna ungu muda dan biru.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!