Daftar Peralatan Berkebun yang Wajib Dimiliki di Rumah
Ilustrasi (Photo by hans middendorp from Pexels)

Bagikan:

Makassar—Berkebun menjadi kegiatan baru bagi kita yang tinggal di perkotaan. Namun akhir-akhir ini, lahan yang terbatas tak lagi jadi halangan untuk mulai berkebun. Bahkan, sejak awal pandemi hingga kini, berkebun termasuk kegiatan yang paling diminati banyak orang.

Nyatanya, bukan hanya jadi kegiatan pengisi waktu luang yang seru, berkebun pun bisa meningkatkan kualitas udara di rumah, menjaga kesehatan mental, kesehatan otot dan sendi, hingga bisa menghasilkan sumber pangan sendiri. Menarik sekali, bukan? Nah, bagi Anda yang baru ingin memulai berkebun, ada beberapa alat yang harus diperhatikan. Inilah peralatan berkebun wajib punya di rumah.

Sekop untuk mengeruk

Bukan hanya cangkul, Anda membutuhkan sekop kecil untuk mengeruk tanah dalam skala kecil. Sekop ini juga bisa digunakan untuk mengeruk tanah dan memindahkannya ke dalam pot yang ingin Anda gunakan. Bisa juga untuk membuat lubang kecil sebagai tempat benih atau tanaman yang hendak diletakkan.

Gunting tanaman

Salah satu barang wajib punya saat Anda ingin berkebun di rumah. Umumnya, gunting tanaman ditujukan untuk merapikan tanaman atau saat Anda ingin melakukan metode stek. Metode ini bertujuan untuk memperbanyak tanaman menggunakan potongan tubuh tanaman seperti akar, daun, dan batang.

Cangkul untuk menggali

Kalau Anda punya lahan kosong dan ingin memanfaatkannya untuk berkebun, tentu Anda akan memerlukan cangkul. Alat berkebun ini ditujukan untuk menggali tanah agar bisa digemburkan, lalu Anda bisa menanam tumbuhan di sana.

Teko untuk menyiram

Tidak semua tanaman memerlukan aliran air yang kencang. Beberapa tanaman justru lebih menyukai aliran air seperti rintikan hujan. Inilah kenapa Anda membutuhkan teko untuk menyiram tanaman.

Selain itu, moncongnya yang panjang juga akan lebih memudahkanmu saat hendak menyiram, apalagi kalau harus menjangkau ke area-area yang sulit.

Pot tanaman

Jika Anda tak memiliki lahan yang cukup luas alias terbatas, Anda bisa menggunakan pot untuk berkebun. Dengan pot, Anda bisa menanam berbagai jenis tanaman dan meletakkannya secara vertikal menggunakan rak atau menggantungnya. Sekarang ini semakin banyak pot-pot tanaman yang unik dan tak biasa. Selain jadi "tempat" yang aman untuk tumbuhanmu, pot-pot cantik ini juga bisa jadi spot foto yang menarik

Selang air

Jika Anda punya lahan yang lebih luas, daripada repot menggunakan teko kecil, Anda bisa langsung menggunakan selang air untuk mengairi tanaman-tanamanmu. Pilih ukuran selang yang sesuai dengan luas lahan sehingga bisa dengan mudah menjangkau semua area kebun.

Tanda pengenal tanaman

Mungkin Anda tidak bisa mengingat semua jenis tanaman yang Anda miliki. Maka, ada baiknya Anda menyiapkan tanda pengenal atau papan nama yang bisa ditempelkan di pot atau dinding halamanmu. Dengan menandai tanaman-tanaman itu, Anda bisa lebih mengingat nama-nama dan variannya. Dengan begitu, Anda juga bisa memperdalam pengetahuanmu soal tumbuhan.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!