Cara Menjalin Hubungan Lebih Baik dengan Orang Tua yang Semakin Menua
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

Makassar—Saat masa remaja dulu, emosi kita masih labil, di mana sahabat atau teman-teman jadi tempat curhat paling utama dan ideal. Menuju usia 20-an akhir atau awal 30-an, kita menyadari bahwa bukan hanya kita yang menua, begitu juga dengan orang tua. Hingga menjalin komunikasi yang baik dengan mereka mulai jadi keinginan Anda atau bahkan prioritas. Nah, berikut ini adalah cara menjalin hubungan baik dengan orang tua yang bisa Anda coba.

Mulai meluangkan waktu

Mungkin dulu Anda lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-teman sehingga waktu di rumah bersama orang tua jadi minim atau bahkan tidak pernah. Tak ada salahnya untuk meluangkan waktu Anda dan berkumpul bersama mereka. Apalagi sekarang kemungkinan waktu Anda memang lebih banyak di rumah. Gunakan momen ini sebagai bonding time, lakukan hal-hal yang tak sempat kalian lakukan bersama.

Inisiatif

Mulailah dari diri Anda sendiri, ceritakan masalah Anda pada orang tua. Mereka seharusnya adalah orang pertama yang jadi tempat Anda bercerita tentang apa pun. Bisa dibilang, mereka adalah orang yang paling mengerti diri.

Mengakui kesalahan

Bisa jadi komunikasi yang kurang baik terjadi karena ada masalah di masa lampau. Meski orang tua belum sempat mengucapkan maaf, jadilah orang yang berbesar hati dan akui kesalahan Anda. Tak hanya menjaga hubungan yang harmonis, sikap ini akan menunjukkan pada orang tua bahwa Anda sudah menjadi pribadi yang dewasa dan bijak.

Menghindari perdebatan

Tak ada yang bisa menghindari perdebatan 100%. Namun, sebisa mungkin hindari perdebatan kecil yang sebenarnya tidak penting. Kalau ada ucapan orang tua yang kurang nyaman, Anda berhak menyanggah dan mengutarakannya. Namun, lakukan dengan sikap sopan agar tidak menyulut api emosi yang sudah ada.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!