8 Cara untuk Tanggapi Teman yang Suka Membicarakan Anda di Belakang
Ilustrasi menanggapi orang yang suka ngomongin di belakang (Unsplash/Remy_Loz)

Bagikan:

MAKASSAR - Memiliki kelompok pertemanan bisa menyenangkan, tetapi juga menyebalkan ketika punya teman yang suka membicarakan Anda di belakang. Alangkah bijak apabila tidak menyerang atau menjatuhkan, sikap tersebut bisa ditanggapi dengan cara yang elegan.

Tidak marah dan menyerang

Ini bukan perihal ‘kalah dan menang’ tetapi cara bernegosiasi dengan seseorang yang tidak fair atau lebih suka ngomongin di belakang. Menanggapi orang yang tidak jujur di depan Anda, tentu tidak akan selesai dengan marah dan menyerang balik.

Apabila yang dibicarakan bukan hal penting dan merugikan, cobalah untuk mengabaikan sementara waktu.

Pertimbangkan sumber

Karena ngomongin di belakang, artinya ada pihak yang menyampaikan informasi tentang Anda. Mungkin ada informasi yang benar, mungkin ada beberapa part yang berlebihan atau tidak sesuai kenyataan.

Maka pertimbangkan segala informasi tentang Anda yang dibicarakan oleh orang tersebut. Pun perlu mempertimbangkan karakter orang yang benar-benar melakukannya.

Menghadapi mereka

Berhadapan langsung dengan orang yang membicarakan Anda di belakang adalah cara yang paling bertanggung jawab. Lakukan dengan tenang dan pegang kendali emosi Anda serta obrolan yang berlangsung.

Jangan khawatir

Meski dalam senyuman ia adalah teman, tetapi Anda bisa mengabaikan apapun yang dilakukan atau tindakannya ngomongin di belakang. Hidup ini terlalu indah untuk menanggapi serius orang yang tidak menghargai hubungan pertemanan.

Mencari relasi baru

Apabila ini tentang bisnis, cobalah untuk mendapatkan relasi baru. Cara ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa apa yang dibicarakan orang di belakang tak sepenuhnya benar. Ini adalah cara terbaik, selain mendorong diri sendiri untuk lebih.

Bersikap lebih dewasa

Marah dan bersikap kekanak-kanakan bukan solusi. Justru karena bersikap dewasa, Anda bisa bergerak dari anggapan buruk tanpa menganggapnya beban yang berat.

Jadi lebih kuat

Sisi positif dari menanggapi orang yang ngomongin di belakang secara elegan dan tidak konfrontatif adalah membuat Anda jadi lebih kuat. Bukankah semakin tinggi pohon semakin kuat angin yang meniup? Maka, bersikaplah positif dan pastikan tidak memperburuk suasana hati.

Fokus pada hal positif

Apabila punya teman suka ngomongin dibelakang, setelah mengenalnya cukup lama Anda akan tahu bagaimana cara mengatasinya. Tetapi disarankan untuk tetap fokus pada hal positif, menanggapi hal negatif dengan emosi tinggi tidak akan menyehatkan tubuh dan mental Anda sendiri.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!