Banyak yang Keliru, Berikut 4 Perbedaan Antara Stew dan Sup
Ilustrasi stew (Unsplash/Brittani Carter)

Bagikan:

Makassar— Makanan hangat dan berkuah merupakan makanan yang paling banyak dikonsumsi saat cuaca dingin. Jika Anda sepakat, tentu menu paling familiar serta mudah dibuat adalah sup. Namun, ternyata banyak orang yang tidak tahu apa bedanya sup dan stew.

Berikut, 4 pembeda antara dua makanan ini adalah sebagai berikut.

Terbuat dari bahan dan bumbu yang sama

Stew dan sup sama-sama makanan berkuah, berisi sayur, kadang memakai ikan, daging, dan ayam. Bumbu utama untuk memberi rasa pada sup serta stew antara lain bawang putih dan bawang bombai.

Masakan seperti apa yang disebut dengan sup?

Komponen utama dari sup adalah air. Sup bisa memakai kaldu ayam untuk mendapatkan rasa kuah gurih. Terdapat juga sup bertekstur creamy, misalnya sup krim dan sup tomat. Sup tomat, pada umumnya memakai tomat yang dihaluskan sehingga mendapatkan warna kuah kemerahan.

Sup membutuhkan waktu singkat dalam memasak, kurang lebih memakan waktu selama 20 menit. Sesudah bawang putih disiapkan, misalnya digeprek atau dipotong kecil-kecil. Sedangkan bawang bombai bisa dipotong sesuai selera, seperti kotak-kotak dan bisa juga dipotong sangat kecil.

Selanjutnya, sayuran pada sup dipotong-potong. Jika memakai daging, dipotong dengan pertimbangan mudah untuk disendok serta memakannya. Aturan umum memotong bahan-bahan sup, ukurannya tidak lebih dari ukuran sendok.

Apa itu stew?

Stew lebih rumit dibanding sup dan membutuhkan waktu memasak lebih lama. Bumbu-bumbu stew dipotong berukuran lebih besar. Dalam memasak stew, air ditunggu hingga menyusut dan menyerap dalam seluruh sayuran serta daging. Karena proses tersebut memasak stew jadi lebih lama.

Stew juga memiliki kuah lebih kental. Biasanya ditambahkan tepung maizena untuk mendapatkan kekentalan kuah. Tidak seperti sup berkuah melimpah, stew siap saji bisa juga ditambahkan wine atau cuka apel.

Nah, hidangan pendamping sup dan stew sering keliru. Sup pada umumnya disajikan dengan roti, misalnya roti tawar, roti gandum, dan baguette. Sedangkan stew disajikan bersama nasi, mashed potato, dan polenta.

Mana yang paling tepat disajikan bersama sambal, stew atau sup?

Banyak orang memperdebatkan ini, apalagi masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari rasa pedas cabai. Sebenarnya, rasa pedas cabai bisa dimasak bersamaan dalam bumbu sehingga jadi stew. Rasa pedas akan meresap pada seluruh bahan. Namun, tak masalah jika menambahkan sambal pada sup sesuai selera masing-masing.

Mana yang paling sering Anda nikmati di rumah? Jika sampai kuah meresap dalam sayuran dan daging, artinya yang Anda makan adalah stew.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!