Laporan Pelecehan dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J Tidak Dapat Dibuktikan, Istri Irjen Ferdy Sambo Terancam Dipidana
Kadiv Propam nonaktif Irjen Pol Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi. (Ist)

Bagikan:

MAKASSAR - Penyidikan kasus dugaan pelecehan yang dilaporkan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, dihentikan Bareskrim Polri karena tidak ditemukan fakta terjadinya tindak pidana. Bahkan, laporan itu pun dikatakan hanya upaya menghalangi penyidikan atau obstruction of justice kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J.

Dengan adanya upaya menghalangi itu, muncul pertanyaan mengenai kemungkinan Putri Chandrawathi dapat dipidana.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto yang dipertanyakan ihwal tersebut tak menjawab lugas. Dia hanya menyebutkan masih menunggu dari tim Inspektorat Khusus (Itsus).

"Nunggu audit dari timsus melalui Itsus," ujar Agus saat dikonfirmasi, Senin, 15 Agustus.

Namun, pada kesempatan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat mengatakan bakal menindak tegas pihak yang melakukan upaya penghalangan penyidikan.

Walaupun, saat itu konteks pihak yang dimaksud lebih kepada anggota Polri karena diketahui adanya upaya penghilangan alat bukti berupa CCTV.

"Ada CCTV rusak yang diambil pada saat di satpam dan itu juga sudah kita dalami dan kita sudah mendapatkan bagaimana proses pengambilan dan siapa yang mengambil juga sudah kita lakukan pemeriksaan dan saat ini tentunya kita akan melakukan proses selanjutnya,” ujar Kapolri, Kamis, 4 Agustus.

“Tentunya memang kendala daripada upaya pembuktian adalah adanya barang bukti yang rusak atau dihilangkan sehingga membutuhkan waktu untuk mengungkap tuntas kasus ini,” sambungnya.

Para pelaku akan jalani sidang kode etik

Dalam proses penyidikan yang masih berlanjut, para pelaku yang bisa disebut menghambat proses penyidikan itu akan menjalani sidang kode etik. Tujuannya, memastikan pemberian sanksi.

"Nanti akan kita proses nanti berdasarkan hasil keputusan apakah ini masuk ke dalam pelanggaran kode etik maupun pelanggaran pidana," kata Kapolri.

Sebagai informasi, Bareskrim Polri menghentikan LP perkara dugaan pelecehan seksual yang dilaporkan Putri Chandrawathi. Termasuk LP dugaan ancaman disertai kekerasan. Termasuk LP dugaan ancaman disertai kekerasan. Dua LP ditutup lantaran kasus kematian Brigadir J akibat dugaan pembunuhan berencana telah masuk unsur pidana.

"Kita anggap dua LP ini menjadi satu bagian masuk dalam obstruction of justice ya," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.