Berita Sulbar Terbaru: Dua Desa di Mamuju Jadi Percontohan Senter KIM
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sulbar, Mustari Mulla pada kegiatan sekolah internet masyarakat kelompok informasi masyarakat (Senter Kim) Desa Salutiwo di Kecamatan Bonehau dan Desa Karataun Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Dua desa di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) ditetapkan sebagai desa percontohan program sekolah internet masyarakat kelompok informasi masyarakat (Senter Kim).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sulbar, Mustari Mulla di Mamuju, Minggu, menjelaskan dua desa yang dijadikan percontohan program Senter KIM yaitu Desa Salutiwo di Kecamatan Bonehau dan Desa Karataun Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju.

Ia menyebutkan, program Senter KIM adalah program pemerintah yang diterapkan dengan dilakukan pemberian materi arah kebijakan transformasi dan pengembangan internet nasional.

"Program Senter KIM tersebut juga dilaksanakan dengan memberikan pelajaran mengenai cara merakit jaringan internet desa, menata kelola kios wifi, membuat website dan membuat konten yang dapat mengangkat sumber daya alam desa," katanya.

Menurut dia, untuk menyempurnakan program tersebut maka akan dilaksanakan koordinasi pembangunan dengan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) pemerintah Sulbar yang diharapkan dapat melengkapi infrastruktur yang diperlukan dalam menunjang program tersebut.

Promosi potensi sumber daya alam

Ia berharap, dengan program Senter KIM tersebut, maka masyarakat desa akan mampu melaksanakan praktek mengelola pembangunan internet desa dalam mengembangkan dan promosi potensi sumber daya alam yang ada di desa.

"Pada Senter KIM, peserta yang ikut diajari merakit jaringan internet instra Desa melalui fiber optik atau Evo dan pada program tersebut pemerintah juga akan memberikan bantuan, agar pemerintah desa membiayai jaringan internet dan mengelolanya hingga terus berkembang dan memberikan manfaat," ujarnya.

Ketua DPRD Sulbar, Suraidah Suhardi menyatakan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Diskominfo Sulbar meningkatkan pemahaman dan kemampuan bagi masyarakat desa untuk mengelola bantuan internet.

Ia berharap program pemerintah Sulbar dapat terus dikerjasamakan dengan pemerintah Desa untuk pembangunan sistem informasi masyarakat desa.

Kepala Desa Salutiwo, Hans Malino berharap program senter KIM dapat menjadi solusi untuk memajukan masyarakat desanya dengan sistem teknologi dan digital.

"Terima kasih pemerintah Sulbar dan DPRD Sulbar atas upaya membangun internet semoga bisa membangun sistem informasi dan dunia digital di desa untuk pembangunan daerah," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.