Makan Malam dengan Presiden AS Joe Biden, Jokowi Ajak Pemimpin Negara Asean Bersulang Bagi Kemitraan Asean-AS
Presiden Jokowi saat bertemu Presiden Joe Biden di Gedung Putih Amerika Serikat || Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Bagikan:

MAKASSAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemimpin negara Asean bersulang untuk kemitraan mereka dengan Amerika Serikat. Momen ini berlangsung pada Kamis malam, 12 Mei waktu setempat saat dirinya menerima kehormatan membalas toast Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam acara jamuan santap malam.

Dalam pernyataan pengantar toast, Presiden Jokowi menyebut KTT Khusus Asean-Amerika Serikat merupakan waktu yang tepat untuk memperkuat kemitraan sehingga tercapai kemitraan strategis komprehensif.

Kemitraan strategis komperhensif adalah status kemitraan paling tinggi dan penting untuk dicapai saat situasi dunia dipenuhi ketidakpastian.

"Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini," kata Jokowi seperti dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat, 13 Mei.

"Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan," imbuhnya.

Joe Biden sambut Jokowi

Sedangkan dalam kegiatan jamuan makan malam itu, Presiden Jokowi tiba di Gedung Putih sekitar pukul 17.20 waktu Amerika Serikat. Saat itu, Presiden Joe Biden langsung menyambut eks Gubernur DKI Jakarta tersebut dan mereka sempat bersalaman, berfoto, hingga menandatangani buku tamu kenegaraan.

Dalam kesempatan tersebut, bersama pemimpin negara-negara ASEAN lainnya Presiden Jokowi melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional.

Setelah jamuan santap malam selesai, Presiden Jokowi meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton. Dalam kesempatan tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi turut mendampingi Presiden Jokowi.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.