Dorce Gamalama, Artis Multitalenta yang Dermawan dan Punya Ribuan Anak Asuh
Dorce Gamalama (Foto: IG @dg_kcp)

Bagikan:

Makassar--Kabar duka, Dorce Gamalama mengembuskan nafas terakhirnya. Artis serba bisa ini meninggal dunia pada hari ini, Rabu, 16 Februari di RS Pertamina, Jakarta Selatan.

Kabar tersebut dikonfirmasi Hetty Sunjaya, kerabat Dorce. "Benar, beliau meninggal di RS Pertamina. Ini masih di rumah sakit jenazahnya," ujar Hetty saat dihubungi.

Nama Dorce Gamalama merupakan nama panggung dari Dedi Yuliardi Ashadi yang diberikan oleh Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls. Dedi lebih kerap memosisikan dirinya sebagai seorang wanita.

Karena semakin merasa terperangkap dalam tubuh seorang laki-laki, Dedi selanjutnya memutuskan untuk operasi ganti kelamin. Pada tahun 1983, dia lantas menjalani operasi ganti kelamin.

Pada tahun 1990, Dorce mulai bermain film dengan dua film sekaligus yaitu Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh. Selain akting, Dorce juga populer sebagai penyanyi. Bahkan, Dorce diketahui sebagai pencipta lagu yang produktif.

Ciptakan lagu untuk Jokowi

Sebagai penyanyi, Dorce Gamalama pernah menghibur Megawati Soekarnoputri. Sedangkan di hadapan Jokowi, Dorce juga tak ragu memberikan dukungan saat Jokowi menjadi calon Capres. Pada tahun 2014, sebagai bentuk dukungannya terhadap calon Capres dan Cawapres Jokowi - JK, Dorce menciptakan sebuah lagu berjudul Untukmu Jokowi.

Pada awal tahun 2000-an, Dorce menjadi presenter acara Dorce Show. Semua aktivitas di dunia entertaiment dijalankan oleh artis serba bisa ini. Bahkan setahun terakhir, Dorce mencoba aktif sebagai YouTuber.

Dalam kehidupan sosial, Dorce terkenal sebagai sosok yang dermawan. Tak memiliki anak kandung, Dorce memutuskan untuk mengadopsi anak. Selain itu, Dorce Gamalama juga aktif dalam kegiatan sosial, mengurus Yayasan Dorce Halimatussa’diyah yang memberikan santunan sekitar 1.600 anak yatim piatu dan anak-anak dari keluarga tidak mampu.

Terkait