Siap Tampung 1.000 Jemaah, Pembangunan Masjid Terapung BJ Habibie dalam Proses
ILUSTRASI/ Patung BJ Habibie/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Taufan Pawe menyebutkan, Masjid Terapung BJ Habibie siap menampung 1.000 jemaah sekaligus mendukung sektor wisata religi di Kota Parepare.

Hal tersebut diungkapkan Taufan Pawe ketika menanggapi perkembangan pembangunan masjid untuk mengenang Presiden RI ke-3 yang lahir di Kota Parepare tersebut.

Dia menjelaskan, pekan lalu pihaknya sudah menjalankan pemantauan progres pembangunan Masjid Terapung BJ Habibie di Jalan Mattirotasi, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare.

Pembangunan tahap pertama sudah selesai, lanjut dia, tinggal melanjutkan tahap kedua sebagai penyelesaian akhir.

Pembangunan masjid mendapat perhatian serius

Menurut dia, pembangunan masjid ini menerima perhatian serius, karena di dalamnya bukan hanya mengutamakan keindahan masjid, tapi juga fungsi masjid sebagaimana mestinya harus terimplementasi dengan baik.

"Pembangunan masjid ini menggunakan anggaran 'reward' dana insentif daerah (DID) dan sudah rampung untuk tahap pertamanya," katanya dikutip Antara, Kamis, 27 Januari.

Sementara tahap kedua dengan perpanjangan 50 hari dari awal tahun masih dalam proses. Masjid Terapung BJ Habibie dibangun menjulang setinggi 85 meter tak jauh dari tanggul Pantai Mattirotasi dengan menyertakan 300 tiang pancang.

Kehadiran Masjid Terapung ini, ungkap Taufan, ke depannya akan memperkuat identitas Parepare sebagai Kota santri dan ulama. Sekaligus menjadi daya tarik wisata religi yang ikut mendukung roda perekonomian masyarakat.