Cuaca di Madinah Tembus 46 Derajat pada Siang Hari, Jemaah Haji Diimbau Pakai Sandal di Pelataran Nabawi Agar Kaki Tak Melepuh
Ilustrasi Masjid Nabawi (Photo by Ayse Bek on Unsplash)

Bagikan:

MAKASSAR - Memasuki musim panas, cuaca di Madinah pada siang hari bisa tembus 43-46 derajat celsius. Dengan suhu tinggi seperti itu, pelataran masjid Nabawi juga menjadi panas. Jika dilewati jemaah haji tanpa menggunakan alas kaki, pelataran yang panas itu berpotensi menyebabkan kaki melepuh.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Amin Handoyo mengimbau jemaah untuk tetap menggunakan alas kaki saat berada di pelataran Masjid Nabawi. Penggunaan alas kaki sangat penting untuk mencegah kulit kaki melepuh akibat panasnya lantai.

BACA JUGA:


"Sandal harus tetap dipakai, nanti dibuka saat di depan pintu masjid," kata Amin Handoyo, di Madinah, Saudi, dikuip dari laman resmi kementerian, Senin 6 Juni.

"Padahal kadang dia lupa taruh sandalnya di mana. Mungkin dia masuk pintu mana, terus sandal diletakim di-locker. Beres salat lupa tadi sandalnya taruh di mana dan lupa juga masuk pintu lewat mana," ungkap Siti Isnaini.

Lima posko petugas PPIH di kompleks Masjid Nabawi

Siti sangat tidak menyarankan jemaah haji nekat pulang ke hotel tanpa alas kaki. Panasnya jalan yang dilalui, tentu membahayakan kaki.

Kasie Perlindungan Jemaah Haji (Linjam), Harun Al Rasyid menjelaskan ada lima posko petugas PPIH yang tersebar di kompleks Masjid Nabawi. Lima pos diisi petugas Linjam dan Kesehatan.

Empat pos terletak di pintu-pintu gerbang seperti posko utama di pintu 332, pintu 328 pos dua, pintu 306 pos ketiga, pintu 358 pos, dan pos Raudhah.